Contoh Aktivitas Remedial Dan Pengayaan K13 Untuk Sd

 

 Program kegiatan remedial dan pengayaan tak abnormal bagi pendidik di seluruh tanah air kare Contoh Program Remedial Dan Pengayaan K13 Untuk SD
Contoh Program Remedial Dan Pengayaan
Program kegiatan remedial dan pengayaan tak abnormal bagi pendidik di seluruh tanah air sebab kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang sanggup membantu siswa yang belum mencapai sasaran yang ditetapkan oleh masing-masing setiap satuan penddidikan. Dalam proses pembelajaran di kelas baik yang mengarah pada penilaian tentu tidak semua siswa mencapai nilai rata-rata yang ditetapkan bila tak mencapai maka perlu seorang penddidik melaksanakan remidial yang mempunyai kegunaan untuk menawarkan pembelajaran ulang kepada siswa yang belum tuntas, ketika selesai menawarkan remidial maka diberikan penilaian ulang yang disebut dengan pengayaan

Sebagai seorang guru perlu untuk melaksanakan kegiatan tersebut untuk membantu siswa memahami dan mengevaluasi ulang bahan yang belum tuntas sebab aktivitas remidial dan pengayaan ialah adalah serpihan dari kurikulum yang berlaku dari bebuyutan sampai hingga kurikulum ketika ini KTSP dan kurikulum 2013 (K13

Pengertian Program Remedial Dan Pengayaan

Remedial mempunyai pandanan kata dalam bahasa inggris yaitu "remidiation" . Kata remediation mempunyai makna yaitu "menyembuhkan". Kaprikornus kata remedition merujuk pada makna proses penyembuhan. Kata remedial ialah kata sifat bila dalam bahasa inggris selalu bersama dengan kata benda  contoh yaitu yaitu : " remidial work" yang berarti pekerjaan penyembuhan dan kata " remedial teaching" artinya pengajaran penyembuhan. Remidial ialah kegiatan untuk membantu penerima didik yang mengalami kesulitan berguru atau belum tuntas dalam penilaian terhadap kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Kegaiatan remidial sama arti dengan menawarkan pembelajaran ulang yang belum dikuasai oleh penerima didik.

Pengayaan ialah kegiatan yang diberikan siswa yang kemampuannya diatas rata-rata sehingga sanggup mengoptimalkan potensinya dengan memanfaatkan siswa waktu yang tersedia dalam proses pembelajaran di setaip satuan pendidikan. Dalam merencanakan dan merancangk kegiatan remidial hendaknya guru menerapkan taktik dan pendekatan yang bersifat individu. Kegiatan-kegiatan yang direnacanakan dan dirancang oleh guru dalam kegiatan pengayaan ialah pengembangan dalam bentuk latihan, tutor sebaya, membuatkan media pembelajan dan sumber berguru yang tersedia di sekitar, kegiatan proyek, dan pemecahan suatu masalah

Dalam melaksanakan kegiatan pengayaan ada beberapa faktor yang harus diperhatikan oleh guru :

#Faktor Peserta Didik 

Faktor siswa menjadi pola utama dalam pelaksanaan kegiatan remidial sebab kita tahu bahwa dalam suatu kelas yang terdapat sekelompok siswa mempunyai perbedaan minat dan bakat. Apabila guru menentukan siswa sesuai dengan minta siswa tersebu maka kompetensi anak akan berkembang dengan maksimal.

#Fatktor Edukatif

Pengayaan yang diberikan kepada siswa harus benar-benar menegarah pada perkembangan siswa. Kegiatan pengayaan hendaknya tidak menyulitkan siswa untuk berkembang sesuai dengan potensinya serta bermanfaat bagi dirinya sendiri.

#Faktor Alokasi Waktu

Faktor alokasi waktu berhungan dengan waktu yang tersedia dalam pelaksanaan kegiatan pengayaan. Kegiatan pengayaan diberikan kepada penerima didik diadaptasi dengan waktu yang teredia denagn memanfaatkan kelebihan alokasi waktu pada ketika siswa lainnya sedang mengikuti kegiatan remedial berlangsung, Kegiatan pengayaan hendaknya tidak mengganggu siswa yang sedang mengikuti kegiatan remedial.

Contoh Format Program Remedial Dan Pengayaan Untuk K13

Dalam pelaksanaan kegiatan aktivitas remedial dan pengayaan perlu disiapkan format khusus. Format yang disediakan khusus untuk format remidial dan pengayaan k13 SD. Contoh format ini berupa Ms Word yang diisi dan siapkan dipakai bagi guru yang melaksanakan kegiatan remidial dan pengayaan Dalam format aktivitas remidial terdapat beberapa item yang harus diisi yaitu, nama sekolah, kelas mata pelajaran, hari/tanggal, nama siswa yang mngikuti kegiatan remedial, kompetensi dasar yang harus dicapai oleh siswa yang mengikuti remedial, indikator, kriteria ketuntasan minimal, bentuk remedial, kegiatan awal dan kegiatan akhir.

Pada format pengayaan terdapat beberapa isian yang harus diisi yaitu, nama sekolah, kelas mata pelajaran, hari/tanggal, bentuk pengayaan dan nilai ulangan. untuk mendownload contoh aktivitas remedial dan pengayaan K13 hanya dengan mengklik tombol download dibawah ini.
 Download Format Pengayaan

Demikain artikel yang berkaitan dengan Contoh Program Remedial Dan Pengayaan K13 Untuk SD

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel