Cara Menciptakan Website - Panduan Untuk Pemula

 Tutorial menciptakan website berikut ini fokus ke platform wordpress Cara Membuat Website - Panduan untuk PemulaCara Membuat Website - Panduan untuk Pemula, Termasuk Memilih Web Hosting Terbaik.

Tutorial menciptakan website berikut ini fokus ke platform wordpress. Ada juga panduan menciptakan website berbasis Blogger.

Intinya, menciptakan web itu mudah. Dalam hitungan menit, Anda sudah sanggup punya website untuk blog langsung ataupun untuk website organisasi, instansi/perusahaan, bahkan situs berita.

Pengertian Website

Website (Indonesia: Situs Web) ialah halaman web berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi (Wikipedia).

Dalam KBBI, Situs Web diartikan sebagai jadwal komputer yang menjalankan peladen (server) yang menyediakan kanal kepada beberapa laman.

Secara praktis, Website atau Situs Web --biasa disebut Web saja atau  Situs saja-- sanggup diartikan suatu kumpulan halaman di internet (pages) yang menampilkan aneka macam macam informasi dalam bentuk teks (naskah/tulisa/artikel), gambar, grafis, suara, video, ataupun adonan dari semuanya (multimedia).

Pengertian mudah juga, website ialah halaman di internet yang biasa kita buka melalui aplikasi internet/web browser Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Google Chrome, atau Opera, contohnya
detik.com, Republika.co.id, kompas.com, atau .

Sebagai "praktisi", saya tidak telalu memikirkan definisi atau pengertian website alasannya saya tidak sedang menyusun skripsi atau karya ilmiah.

Dalam postingan ini saya akan menyebarkan pengalaman saja wacana cara menciptakan website, baik website langsung (blog) maupun website instansi/perusahaan ataupun web toko online.

Alasan Harus Punya Website

Di abad internet atau abad "zaman now", mempunyai website merupakan keniscayaan. Saat ini orang mencari informasi "apa saja" melalui internet dan mencari atau menemukannya di website.

Kalau akan membeli jam tangan, misalnya, orang "zaman now" biasanya akan kanal dulu internet untuk cek merek, model, dan harga, bahkan membelinya secara online (online shopping).

Saya sudah mencicipi manfaat website, dalam hal ini website langsung (blog) mirip ini, antara lain jadi lebih banyak orang mengenal saya, bahkan kemudian mengundang saya untuk menjadi pemateri atau pembicara di sebuah pelatihan.

Website ialah kantor online bagi perusahaan/instansi yang buka 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu, alias nonstop, di hari libur sekalipun.

Bagi individu (perorangan), website (blog) ialah "CV Online" atau "Biodata Online" sekaligus media eksistensi dan ekspresi. Baca deh: 20 Manfaat Blogging

Pengangguran (jobless) mirip saya bahkan menjadi website/blog sebagai media mencari nafkah, yakni dengan menjadi Blogpreneur.

Memilih Nama Domain & Hosting

Anggap saja Anda sudah termotivasi untuk menciptakan website, contohnya menciptakan website langsung atau stus web organisasi.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah menentukan nama domain dan hosting. Jika belum mengerti apa itu domain dan hosting, berikut ini klarifikasi singkatnya.

Pengertian Domain
Domain ialah alamat website ataub URL (Uniform Resource Locator) yang diakhiri dengan ekstensi domain .com, .co.id, .org, .info, .co, co.id, dsb.

Misalnya detik.com, republika.co.id, change.org, dll. Kalau blog saya yang sedang Anda kunjungi ini nama domainnya romelteamedia dengan ekstensi .com sehingga menjadi .

Nah, itu pengertian domain, secara mudah lho ya, bukan "ilmiah". Domain itu diibaratkan mirip alamat rumah, dalam hal ini "rumah maya" atau "alamat rumah di internet".

 Tutorial menciptakan website berikut ini fokus ke platform wordpress Cara Membuat Website - Panduan untuk Pemula

Pengertan Hosting atau Web Hosting
Secara mudah juga, hosting/webhosting yaitu "rumah" daerah menyimpan nama domain dan data-data website, mulai aplikasi atau jadwal yang membangun website sampai penyimpanan data --tulisan, foto, video, dll.

Dengan demikian, untuk menciptakan website, kita harus lebih dulu menentukan domain dan hostingnya.

Memilih Domain & Hosting

Sekarang, silakan Anda menentukan domain dan hosting dulu, sebelum mengikuti panduan menciptakan website yang saya share ini.

Untuk website langsung (blog), Anda sanggup gunakan nama orisinil Anda atau nama panggilan/nama terkenal Anda.

Saya, misalnya, menentukan nama domain romeltea dan romeltea media. Romel adalah nama panggilan saya. Romeltea adalah nama onair saya dikala jadi penyiar tadio kemudian saya jadikan nama online --nama website dan nama akun media sosial.

Di mana menentukan domain dan hosting? 
Silakan Anda buka saja panduannya di laman Web Hosting Terbaik.

Cara Membuat Website dengan WordPress

Cara menciptakan website yang akan saya share ini ialah tutorial menciptakan website dengan memakai CMS WordPress, platform web terpopuler di dunia.

 Tutorial menciptakan website berikut ini fokus ke platform wordpress Cara Membuat Website - Panduan untuk Pemula


Berikut ini langkahnya.

1. Install WordPress

Setelah Anda membeli/menyewa Domain & Hosting di salah satu provider domain-hosting terbaik yang ada dalam daftar link Hosting Terbaik di atas, Anda akan diberi kanal ke Cpanel akun domain-hosting Anda.

Nah, silakan buka atau login ke akun hosting Anda untuk menginstal WordPress.
  • Login  ke Akun Hosting Web Anda
  • Cari dan klik halaman Control Panel (Cpanel)
  • Klik Web Aplication (App) > Softaculous Apps Installer  
  • Klik WordPress

 Tutorial menciptakan website berikut ini fokus ke platform wordpress Cara Membuat Website - Panduan untuk Pemula

Akan muncul halaman mirip di bawah ini. Silakan diisi dan klik INSTALL.

 Tutorial menciptakan website berikut ini fokus ke platform wordpress Cara Membuat Website - Panduan untuk Pemula



Catatan:
Cara menciptakan website dengan wordpress umumnya mirip di atas di webhosting mana pun. Masing-masing webhosting atau provider domain-hosting punya panduan khusus instal wp. Anda tinggal minta linknya.

2. Ganti Tampilan & Pasang Plugin
Setelah instalasi selesai, website Anda sudah jadi. Langkah berikutnya antara lain:
Untuk mengganti tampilan, tinggal klik Tema di Dashboard WP dan pilih tema yang ada atau upload hasil download.

 Tutorial menciptakan website berikut ini fokus ke platform wordpress Cara Membuat Website - Panduan untuk Pemula
 Tutorial menciptakan website berikut ini fokus ke platform wordpress Cara Membuat Website - Panduan untuk Pemula


Setelah proses instalasi selesai, silakan untuk aktifkan template dengan menekan tombol Activate.

Demikian cara menciptakan website dengan mudah.

Cara Membuat Website dengan Blogger / Blogspot

Untuk menciptakan website berbasis blogger --hosting di Blogger-- silakan buka Cara Membuat Situs Berita Berbasis Blogger.


Untuk menciptakan blog di blogger, silakan buka Cara Membuat Blog di Blogger.

Itu beliau tips cara menciptakan website dari saya, menurut pengalaman. Wasalam. ().*

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel