Perbedaan Harimau, Macan, Dan Singa

 terkait pertandingan Persija Jakarta vs Persib Bandung di Stadion PTIK Jakarta Perbedaan Harimau, Macan, dan Singa
Singa | Macan | Harimau.*
Perbedaan Harimau dan Macan. Apa bedanya dengan Singa?

POSTING ini aku tulis dikala #PersibDay trending di Twitter, Sabtu 30 Juni 2018, terkait pertandingan Persija Jakarta vs Persib Bandung di Stadion PTIK Jakarta.

Tiap Persib main memang tagar #PersibDay selalu TT di Twitter.

Julukan Persija yakni Macan Kemayoran. Julukan Persib Bandung yakni Maung Bandung. Maung yakni bahasa Sunda Harimau. Duel Persija vs Persib disebut juga duel Macan Kemayoran vs Maung Bandung --diambil dari nama julukan kedua tim.

Saya pun penasaran, apa bedanya Harimau dan Macan? Ada juga Singa yang menjadi julukan Arema FC, Singo Edan. Hanya tiga tim ini yang berjuluk nama binatang yang serupa tapi tak sama: harimau, macan, singa.

Ok, kini apa Perbedaan Harimau dan Macan? 

Menurut KBBI, harimau yakni binatang buas, pemakan daging, wujud menyerupai kucing besar. Macan berdasarkan KBB yakni harimau. Jadi, secara bahasa, harimau = macan.

Namun, dikutip Kumparan dari website Taman Safari Indonesia, harimau dan macan merupakan dua spesies yang berbeda

Harimau atau yang mempunyai nama latin panthera tigris merupakan salah satu spesies dari kelompok kucing besar (big cat). Harimau diketahui mempunyai corak loreng dengan warna beragam, mulai dari hitam, cokelat, sampai putih.

Macan merupakan spesies dari kelompok kucing sedang (middle cat). Berbeda dengan harimau yang mempunyai corak loreng, macan bercorak tutul-tutul. Macan juga mempunyai badan yang lebih ramping dan ekor yang panjang.

Kalau singa? 

Singa (bahasa Sanskerta: Siᚃha, atau dalam bahasa Latin: Panthera leo) yakni spesies binatang dari keluarga felidae atau jenis kucing juga menyerupai halnya harimau dan macan.

Menurut KBBI, singa yakni binatang buas, bentuknya hampir sama dengan macan, pada singa jantan terdapat bulu panjang di muka (sebagian kepala bab depan).

Nah, itu ia perbedaan harimau, macan, dan singa. Perhatikan kembali gambar di atas biar yakin :) Wasalam. ().*

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel