Daftar Istilah Jurnalistik Online - Online Journalism Glossary

Daftar Istilah Penting Jurnalistik Online  Daftar Istilah Jurnalistik Online - Online Journalism Glossary
Daftar Istilah Jurnalistik Online - Online Journalism Glossary.

Jurnalistik Online yaitu pemberitaan atau publikasi tragedi dan informasi nyata melalui situs web di internet. Media publikasinya disebut media online atau meda siber (cyber media).

Kamus bebas Wikipedia mendefinisikan jurnalisme online atau digital journalism sebagai ”pelaporan fakta yang diproduksi dan disebarkan melalui internet” (reporting of facts produced and distributed via the Internet).

Disebutkan juga, jurnalisme online yaitu bentuk jurnalisme terkini berupa penyebarluasan konten editorial melalui internet (online journalism is a contemporary form of journalism where editorial content is distributed via the Internet).

Karakteristik junalistik online yang tidak dimiliki media lainnya ada dua: Link dan Multimedia.
  1. Link (tautan) atau hyperlinks yaitu tautan ke isu atau informasi lain yang mendukung isu yang disajikan. Umumnya diawali dengan teks "Baca Juga", "Berita Terkait", atau "Lihat" diikuti judul atau kalimat berupa anchor teks dan url sehingga sanggup diklik.
  2. Multimedia. Jurnalistik online sanggup menyajikan informasi atau isu dalam bentuk teks, gambar, video, audio, dan grafis sekaligus dalam satu judul atau halaman web (web page).
Karakteristik Jurnalistik Online liannya, menyerupai kecepatan, kesegaran, dan interaktivitas masih sanggup dilakukan jurnalistik radio dan televisi (broadcast journalism).

Daftar Istilah Penting Jurnalistik Online

Berikut ini Daftar Istilah Penting dalam Jurnalistik Online.

User (Pengguna)
User (pengguna) yaitu sebutan bagi pembaca media online. Secara umum, user yaitu sebutan bagi pengguna internet atau orang yang mengakses internet dan membuka, mencari, dan membaca informasi di situs web yang tersaji di internet.

User dalam konteks media atau jurnalistik identik dengan pembaca (media cetak), pemirsa atau penonton (media televisi), dan pendengar (media radio).

Visitor (Pengunjung)
Pengertian visitor sama dengan user, yaitu orang yang membuka, membaca, atau mengunjungi media online.

Unique Visitors (UV, Pengunjung Unik)
Pengunjung unik yaitu orang yang gres pertama kali membuka sebuah website, termasuk situs berita.

Pengunjung unik berbeda dengan pengunjung reguler, yaitu pembaca setia atau orang yang berulang-ulang membuka sebuah sebuah situs.

AdSense
AdSense yaitu sumber utama pendapatan atau penghasilan media online.

AdSense yaitu abreviasi dari Google AdSense atau Iklan Google, yaitu acara periklanan Google yang melibatkan para pemilik situs web atau blog sebagai penayang (publisher).

Iklan AdSense muncul secara otomatis di halaman tertentu sesuai dengan daerah pemasangan arahan iklan yang disediakan Google.

Iklan yang diklik pengunjung dan/atau tampil seribu kali akan menghasilkan komisi bagi penayang.

AdWords
AdWords yaitu acara periklanan dari Google bagi pemasang iklan. Jika kita memasang iklan di Google, maka iklan kita akan tampil di banyak sekali situs web dengan konten yang relevan dengan bahan iklan kita.

Search Engine Optimization (SEO)

Daftar Istilah Penting Jurnalistik Online  Daftar Istilah Jurnalistik Online - Online Journalism Glossary
SEO dalam bahasa Indoensia disebut Pengoptimalan Mesin Telusur atau mesin pencari (search enginze).

Mayoritas pengguna, pengunjung, atau pembaca membuka situs web dari mesin pencari menyerupai Google, Yahoo, atau Bing dengan memakai penjelajah internet menyerupai Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Opera di komputer atau telepon seluler cendekia (smarthone).

Bersaing dengan media lain yang menulis isu atau menyajikan informasi serupa, kalangan jurnalis atau administrasi media online harus melalukan teknik SEO semoga isu atau medianya terindeks dengan cepat dan gampang sehingga tampil di peringkat teratas halaman pertama hasil pencarian (SERP, Search Engine Results Page).

Teknik SEO secara umum mencakup keunikan dan keaslian isu (bukan salinan/copy paste), kelengkapan (detail), dan proteksi elemen lain menyerupai gambar dan video.

Teknik SEO juga mencakup tampilan situs web yang harus ramah seluler (mobile-friendly) dan ringan atau tampil cepat (fast loading).

Social Marketing Optimization (SMO)
Bagian dari teknik SEO, yaitu pemasaran atau promosi melalui media sosial, baik dengan cara mencari followers sebanyak-banyaknya, upate status, dan menciptakan konten unik dan menarik sehingga dibagikan (share), disukai (like), dan dikomentari (comments).
 

Social Media Marketing (SMM)
Pemasaran melalui Media Sosial, yaitu promosi berupa pemasangan iklan di Facebook, Twitter, atau media umum lainnya.

Stand-Alone Journalism
Istilah ini dikemukakan guru besar jurnalistik Jay Rosen dan Chris Nolan. Stand-Alone Journalism atau "Jurnalis Mandiri" merujuk pada wartawan profesional yang menciptakan situs web atau media online sendiri.

Di Indonesia kayaknya belum ada "Jurnalis Mandiri" menyerupai Rafat Ali, Nick Denton, Om Malik, Jason Calacanis, atau Josh Marshall di luar sana.

Keywords (Kata Kunci)
Kata kunci sanggup dikatakan sebagai TEMA atau TOPIK dalam pemberitaan media online.

Berita media online atau media siber akan banyak dibanyak kalau menyajikan isu dengan kata kunci yang menjadi trending topic atau viral di media sosial.

Kata kunci juga merupakan bab dari SEO, yaitu dengan cara menempatkannya di judul (head), teras (lead), isi (body), dan di selesai tulisan.

Tags
Tag yaitu kata kunci yang menggambarkan konten atau isi sebuah situs web. Tags biasanya ditampilkan di bawah naskah isu sehingga memudahkan pembaca untuk membuka info lain dalam tema yang sama.

Category

Kategori menyerupai dengan tags. Di media cetak kita mengenal rubrikasi atau rubrik, yaitu halaman khusus yang memuat berita-berita dalam satu tema, contohnya rubrik ekonomi, politik, olahraga, dan sebagainya.

Di media online, rubrik ini namanya kategory yang biasanya ditampilkan di atas atau di bawah judul isu dalam bab yang dikenal dengan istilah breadcrumbs.

Clickbait (Umpan Klik)
Saya sudah sering pisan menulis ihwal umpan klik di blog ini. Apa itu clickbait atau umpan klik, silakan buka ClickBait.

Catatan pentingnya, umpan klik yaitu "modus" wartawan atau media online untuk mendatangkan trafik atau pengunjung sebanyak-banyaknya. Judul Umpan Klik bukan jurnalistik yang baik, bahkan merusak kaidah jurnalistik.

Demikian Daftar Istilah Penting Jurnalistik Online (Online Journalism Glossary). Tentu belum atau tidak lengkap. Anda sanggup menambahkannya di kolok komentar. Wasalam. ().*

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel