10 Lowongan Kerja Lulusan Jurusan Jurnalistik

Prospek dan Lowongan Kerja Jurusan Jurnalistik 10 Lowongan Kerja Lulusan Jurusan Jurnalistik
Prospek dan Lowongan Kerja Alumni Jurusan Jurnalistik.

LOWONGAN kerja di media bukan monopoli alumni jurusan jurnalistik sebagaimana almuni jurusan jurnalistik juga tidak selalu harus bekerja di bidang media.

Yang bekerja di media atau dunia pers pun dapat alumni jurusan non-jurnalistik, asalkan mempunyai keterampilan jurnalistik.

Tentu saja, wartawan alumni jurusan jurnalistik akan lebih baik bagi media sebab lulusan jurnalistik punya wawasan lebih mendalam ihwal jurnalistik, khususnya ihwal instruksi etik.

Baca: Haruskah Kuliah Jurnalistik untuk Kaprikornus Wartawan?

10 Lowongan Kerja Jurusan Jurnalistik

Di postingan Masa Depan Jurnalistik aku sudah mencantumkan daftar lowongan kerja yang membutuhkan keterampilan jurnalistik, selain wartawan/reporter, sebagai berikut:

1. Web Content Editor.

Setiap instansi pemerintah, mulai departemen sampai kelurahan, sekarang punya website forum (corporate website), sebagai media komunikasi dan informasi, plus memenuhi kewajiban UU KIP (Keterbukaan Informasi Publik). Ini pun memerlukan alumni jurnalistik atau SDM yang anda di bidang tulis-menulis.

2. Corporate Blogger.

Setiap perusahaan sekarang juga punya website sebahai "kantor maya" yang buka 24 jam. Di sana ada halaman khusus untuk memuat informasi kasatmata seputar dinamika perusahaan yang disebut BLOG. (Baca: Corporate Blogging).

3. Corporate Journalist.

Perusahaan yang menerapkan metode gres pemasaran modern bahkan mendirikan media gosip sebagai sarana pengembangan sistem pemasaran dan branding. Ini pun domainnya alumni jurnalistik. (Baca: Corporate Journalism).

4. Inhouse Magazine Editor. 

Setiap instansi/perusahaan juga punya inhouse magazineatau media internal. Siapa lagi yang mengelolanya jikalau bukan staf atau karyawan yang "melek jurnalistik"?

5. Public Relations.

Praktisi humas atau public relations wajib dapat menulis. Banyak divisi humas di banyak sekali instansi, lembaga, atau perusahaan yang belum mempunyai SDM atau staf yang piawai menulis. Ini pun peluang bagi para alumni jurnalistik.

6. Blogpreneur/Onlinepreneur
Prospek dan Lowongan Kerja Jurusan Jurnalistik 10 Lowongan Kerja Lulusan Jurusan Jurnalistik Di negara-negara maju menyerupai Amerika Serikat dan Inggris, blogging is business.

Ruh blogging ialah menulis konten berkualitas. Alumni bahkan mahasiswa jurnalistik dapat menekuni dunia blogging dan make money online dengan ngeblog.

7. Professional Writer, Book Writer.

Keterampilan jurnalistik (menulis) ialah skill inti profesi penulis. Alumni jurnalistik juga dapat menjadi penulis produktif, baik menulis artikel opini ataupun buku.

8. Owner Media.

Bisnis media terus berkembang. Media-media massa baru, terutama media online, terus tumbuh dan itu domainnya alumni jurnalistik. Bahkan, sang alumni jurnalistik dapat menciptakan dan punya media online sendiri!

Secara teknis, menciptakan media online (situs berita) sangat mudah. Anda dapat gunakan membuat situs gosip berbasis blogger.

Untuk mendirikan media resmi, Anda dapat cek cara mendirikan media online resmi berbadan hukum.

9. Dosen.

Semua Jurusan Ilmu Komuniksi Jurnalistik, Broadcasting, bahkan kampus yang menyediakan kelas menulis (mata kuliah menulis) tentu memerlukan dosen yang qualified di bidang jurnalistik.

Namun, untuk menjadi dosen jurnalistik, Anda harus praktik dulu menjadi wartawan supaya di kelas nanti tidak hanya bicara teori, tapi juga praktik dan gampang menunjukkan teladan pun membuatkan pengalaman.

10. Trainer.

Banyak pihak yang butuh ilmu jurnalistik. Banyak EO yang menggelar training jurnalistik atau menulis. Mereka butuh trainer, instruktur, atau pemateri yang qualified di bidang jurnalistik.

Selain ke-10 Prospek dan Lowongan Kerja Jurusan Jurnalistik tadi, alumni jurnalistik juga cocok bekerja sebagai Admin Media Sosial instansi, lembaga, atau perusahaan. Wasalam. (www.romeltea.com).*

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel