5 Teknik Seo Terbaik: Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Website/Blog

 Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Website 5 Teknik SEO Terbaik: Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Website/Blog
Teknik SEO Terbaik: Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Website/Blog.

SEO --singkatan dari Search Engine Optimization atau Pengoptimalan Mesin Pencari-- ialah proses, teknik, atau trik semoga situs web atau blog kita gampang dan cepat terindeks Google dan tampil di posisi teratas Halaman Hasil Pencarian Mesin Telusur (Search Engine Result Page).

Jika blog atau link goresan pena blog kita tampil di halaman depan  atau halaman satu (page one) Google, apalagi di peringkat teratas, maka potensial mendapat banyak kunjungan. Itulah tujuan SEO.

Para blogger dan web developer biasanya "sibuk" mencari plugin, script, atau Tools SEO semoga situs web atau blognya gampang dan cepat terindeks mesin pencari, utamanya Google, sehingga banyak pengunjung.

Tips, trik, atau teknik SEO pada dasarnya mencari cara untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu.

"Tujuan dari SEO ialah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian mempunyai peluang lebih besar untuk mendapat pengunjung."
(Wikipedia).

Tujuan SEO ialah menempatkan sebuah situs pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan.
Banyak teknik, tips, dan trik ditawarkan para pakar dan pemerhati SEO, namun yang utama ialah “buatlah website yang anggun dengan isi yang anggun pula”. Buatlah konten atau goresan pena yang baru, orisinil goresan pena sendiri, unik, dan mempunyai kegunaan bagi orang banyak.

Jadi, SEO terbaik bergotong-royong cuma satu, yaitu menciptakan posting atau menulis konten berkualitas sebagaimana Panduan Google: unik, bermanfaat, asli, orisinal, buatan sendiri, aktual, penting, dan bermanfaat.

Prinsip Dasar SEO berdasarkan Google

  • Buat laman yang utamanya untuk pengguna (user), bukan untuk mesin telusur (search engine).
  • Jangan menipu pengguna Anda.
  • Hindari trik yang dimaksudkan untuk meningkatkan peringkat mesin telusur. Yang paling penting ialah apakah Anda merasa nyaman menjelaskan apa yang telah Anda lakukan ke laman web pesaing Anda, atau kepada karyawan Google. Pengujian mempunyai kegunaan lainnya ialah menanyakan, "Apakah ini membantu pengguna saya? Akankah saya melaksanakan ini jikalau tidak ada mesin telusur?"
  • Pikirkan perihal apa yang menciptakan situs web Anda unik, berharga, atau menarik. Buat situs web Anda menonjol dari yang lain di bidang Anda.

Tips SEO #1Artikel Berkualitas, Lengkap.

 Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Website 5 Teknik SEO Terbaik: Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Website/Blog
Fakta menunjukkan, posting menjadi faktor SEO utama. Banyak blog yang terkesan "asal jadi", dengan memakai template bawaan blogger, tanpa Meta Tags SEO Friendly, bahkan tanpa Preferensi Penelusuran, namun tampil di peringkat teratas halaman pertama Google.

Mengapa dapat begitu? Karena postingan, artikel, atau tulisannya unik, lengkap, bahkan "ilmiah", contohnya kiprah makalah kuliah atau.

Dari situ kita dapat ambil kesimpulan, Teknik SEO Terbaik ialah KONTEN BERKUALITAS atau goresan pena yang lengkap, detail, disertai gambar, foto, atau grafis bahkan video, sehingga diindeks dengan baik oleh mesin telusur dan disukai pengguna.

Banyak pakar SEO menyarankan kita menulis postingan panjang, antara 1000 hingga 3000 kata, meskipun goresan pena pendek pun dapat tampil di halaman satu Google jikalau unik, asli, dan cocok dengan yang dicari pengguna.

Membuat artikel berkualitas, lengkap, memang butuh ketekunan, kesabaran, tidak dapat cepat. Apalagi jikalau dilengkapi dengan gambar, ilustrasi, audio, video, dan sebagainya. Namun, kerja keras akan menghasilkan kesuksesan.

Tips SEO #2 Tampilan Fast Loading, Ringan

 Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Website 5 Teknik SEO Terbaik: Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Website/Blog
Fakta juga menunjukkan, banyak postingan blog atau artikel yang muncul di posisi teratas halaman satu Google, padahal ringkas, tidak lengkap, bahkan "ngaco".

Rupanya, postingan itu memenuhi faktor SEO yang lain, yakni desain template atau tampilan yang ringan, cepat, fast loading!

Maka, pilihlah tema atau template blog yang fast loading. Kita dapat mengecek kecepatan tampilan blog di GT Metrix, plus perbaikan yang harus dilakukan jikalau masih berat.

Anda dapat cari di Google "Template Blogger Paling Cepat" untuk Blogger dan "Tema Wordpress Paling Cepat" untuk blog WordPress.

Tips SEO #3  Linkbaiting: Internal, External, Backlink

 Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Website 5 Teknik SEO Terbaik: Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Website/Blog
Linkbaiting atau linkbuilding yaitu menciptakan tautan internal (internal link) dan tautan eksternal (external link) dalam postingan blog Anda.

Untuk memudahkan pemahaman sekaligus contoh, lihatlah artikel-artikel yang ada di Wikipedia yang kaya hyperlink yang relevan dengan konten.

Internal Link ialah tautan ke postingan blog Anda yang lain. Eksternal link ialah tautan ke postingan atau situs orang lain, contohnya sumber atau pemanis data.

Dapatkan pula tautan masuk (backlink) berkualitas, menyerupai dari media sosial. Buatlah akun media umum --Facebook, Twitter, Instagram, dll.-- dan pastikan alamat blog Anda ada di profil.

"Link to internal pages on your site and Link to other websites with relevant content. Have other websites link to you."

Tips SEO #4 Social Signal

 Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Website 5 Teknik SEO Terbaik: Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Website/Blog
Share atau bagikan posting blog Anda di media umum --Facebook, Twitter, Pinterest, Google Plus. Buatlah pula Fanspage untuk mendistribusikan konten blog Anda.

Menurut 25 Inspirasi Blogging untuk Blogger Pemula.

Capek juga ni nulis postingan. Kita akhiri hingga di sini. Katanya, faktor SEO  itu mencapai 200. Banyak ya? Saya bahas lima saja, daripada lieur sendiri :)

Demikian ulasan kita perihal 5 Teknik SEO Terbaik: Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Website/Blog. Wasalam. ().*

Gambar & Referensi:
https://goinswriter.com/website-seo-tips/
http://neilpatel.com/blog/10-most-important-seo-tips-you-need-to-know/
https://moz.com/blog/your-guide-to-social-signals-for-seo

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel