Cara Gampang Cek Kecepatan Loading Blog Atau Website

Kecepatan loading blog atau website berdasarkan saya pribadi merupakan salah satu faktor utama yang perlu diperhatikan, dengan mempunyai blog fast loading tentu akan menjadi pujian tersendiri dan menjadikan pengunjung atau visitor lebih nyaman untuk menikmati konten yang ada dalam situs kita. Tentu ini akan sangat baik untuk kesehatan situs yang kita kelola sehingga pengunjung akan membuka banyak artikel dan tidak bosan untuk kembali lagi.


Ada aneka macam faktor yang menyebabkan blog atau website lemot (lambat), yang perlu anda lakukan yaitu meminimalisir beberapa faktor yang menjadikan blog lambat. Saya sendiri lebih banyak eksperimen (percobaan) untuk mendapat blog yang fast loading dan ramah terhadap pengunjung. beikut beberapa faktor yang perlu anda perhatikan:



  1. Template (theme) blog atau website, Selama uji coba, template merupakan faktor penting yang dihentikan di remehkan, untuk mendapat theme blogger atau wordpress bukanlah hal yang sulit mulai dari yang Free atau premium. Yang perlu anda perhatikan sebelum menggunakan template tersebut yaitu loading blog, jangan tergiur dengan tampilan yang elegan namun loading sangat lambat.

  2. Terlalu banyak iklan, Monetize blog menjadi pilihan para blogger untuk mendapat penghasilan dari internet, tapi jangan hingga memasang iklan terlalu banyak, alasannya yaitu sanggup mengganggu pengunjung dan memperlambat loading.

  3. Banyak widget, memasang banyak widget juga sanggup mempengaruhi loading blog, usahakan memasang widget yang penting saja.

  4. Hosting Website, jikalau anda menggunakan blogspot sudah niscaya performa hosting dari google tidak diragukan lagi, namun menjadi dongeng yang berbeda jikalau anda menyewa hosting sendiri, salah pilih hosting akan berakibat fatal (mulai dari susukan yang lambat bahkan sering down).


Sekarang aneka macam template yang dibagikan gratis, silahkan pilih dengan fitur seo friendly dan fast loading. Kalau anda mempunyai sedikit biaya untuk membeli template silahkan pilih yang premium dengan banyak fitur yang menarik juga fast loading.


Cara Mengetahui Kecepatan Loading Blog atau Website


Ada beberapa situs yang sanggup anda gunakan untuk cek loading blog, dengan santunan situs ini anda sanggup dengan gampang mengetahui loading blog. Berikut situs terkenal yang biasa dipakai para blogger untuk cek loading pada versi desktop dan versi mobile.


1. Cek Kecepatan Loading Blog dengan GTmetrik


GTmetrik merupakan tool yang sanggup anda gunakan untuk tes kecepatan blog, menganalisa berapa kecepatan susukan halaman blog dengan presentase hingga 100%. Anda sanggup menggunakan tool ini hanya untuk 20 kali tes saja, jadi sudah tidak mengecewakan cukup untuk cek kecepatan blog anda.


Cara menggunakan situs GtMetrix


Langkah pertama, Kunjungi situsnya terlebih dahulu http://gtmetrix.com/


Langkah kedua, kemudian masukkan URL situs anda pada kolom yang sudah tersedia dan klik tombol “Analyze berdasarkan saya pribadi merupakan salah satu faktor utama yang perlu diperhatikan Cara Praktis Cek Kecepatan Loading Blog atau WebsiteAnda akan melihat berapa persent kecepatan blog, jikalau loading blog dengan presentase kurang dari 70%, maka sanggup dikatakan blog anda lambat. Dengan tool ini anda sanggup menganalisa untuk meningkatkan secara optimal blog lebih baik lagi.


Berikut presentase loading blog Pena Indigo dengan platform blogger: berdasarkan saya pribadi merupakan salah satu faktor utama yang perlu diperhatikan Cara Praktis Cek Kecepatan Loading Blog atau Website


2. Mengetahui Kecepatan Blog dengan PageSpeed Insights


Cara yang kedua ini menggunakan tool produk dari Google yaitu PageSpeed Insights, tool ini juga gampang untuk digunakan, cukup tulis URL eksklusif enter dan nanti blog anda akan diteliti untuk mengetahui masalah-masalah yang menghambat loading blog biar tampil lebih maksimal untuk meningkatkan performa blog anda.


Untuk mencobanya silahkan kunjungi URL berikut https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/


Lalu masukkan URL situs anda pada kolom yang sudah tersedia dan tekan enter atau klik tombol “Analisis/Analyze“. berdasarkan saya pribadi merupakan salah satu faktor utama yang perlu diperhatikan Cara Praktis Cek Kecepatan Loading Blog atau Website



Baca Juga: Cara Praktis Cek Kualitas SEO Website atau Blog



Demikian cara gampang cek kecepatan blog, semoga sanggup bermanfaat dan sanggup menunjukkan analisa untuk menentukan template yang lebih anggun untuk pengunjung blog biar tetap lebih performanya untuk memanjakan pengunjung blog juga meningkatkan visitor unik tiap harinya. Selamat mencoba.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel