Cara Masuk Bios Komputer Atau Laptop Secara Lengkap

Cara Masuk BIOS Komputer atau LaptopBasic input output system atau yang lebih dikenal dengan BIOS merupakan hidangan dasar untuk mengatur hardware komputer atau laptop. Menu bios ini sangat penting apalagi kita yang ingin melaksanakan instal ulang operating system windows.


Untuk masuk hidangan bios ini tidak besar lengan berkuasa pada windows yang dipakai alasannya ialah beda fungsinya, jadi apapun windows yang anda gunakan mau itu windows 7, 8, 8.1 atau windows 10 untuk cara masuknya sama. Bios ini ialah pengaturan dasar yang jarang diketahui oleh banyak orang, alasannya ialah kalau sembarangan setting bios maka fungsi-fungsi hardware sanggup tidak ibarat biasanya bahkan menjadi windows tidak berfungsi.


Oleh alasannya ialah itu hidangan bios ini dipakai untuk anda yang berguru instal ulang windows baik komputer PC atau laptop, alasannya ialah harus mengatur pilihan booting yaitu dari harddisk (HDD) atau FDD/DVD installer windows. Saya sendiri mengenal bios disaat mengikuti training service komputer pada bahan instal operating system windows.


Baca juga: Cara Mematikan Laptop atau Komputer dengan Keyboard


Kali ini saya akan memperlihatkan tombol keyboard lengkap untuk masuk bios pada semua brand laptop atau komputer, sehingga nanti anda sanggup memakai trik ini sesuai dengan kebutuhan. Namun bergotong-royong cara masuk bios ini sudah diberitahukan pada layar disaat pertama kali menghidupkan komputer atau laptop yaitu pada bab pojok kiri bawah.


Contoh petunjuknya ibarat ini:



  • Press F2 to enter SETUP : maksudnya masuk bios dengan tekan tombol F2

  • Press <DeL> to enter setup : masuk bios dengan tombol delete

  • DEL to enter setup : memakai tombol delete

  • F10 Bios setup : memakai tombol F10

  • Dll


Cara Masuk Menu BIOS Pada Komputer PC


Tombol yang sanggup anda gunakan untuk masuk bios komputer ialah dengan menekan tombol DELETE atau F2 (bisa anda pilih salah satu).


Caranya, silahkan hidupkan komputer dan secara bersamaan tekan-tekan tombol DELETE atau F2 secara terus menerus hingga keluar hidangan BIOS gres anda berhenti menekan-nekan tombol DELETE atau F2 tersebut.


Contoh tampilan BIOS:


 atau yang lebih dikenal dengan BIOS merupakan hidangan dasar untuk mengatur hardware komputer Cara Masuk BIOS Komputer atau Laptop Secara Lengkap


Mudah bukan, sanggup anda coba sekarang.


Cara Masuk BIOS pada Laptop Semua Merek


Untuk masuk bios pada laptop bergotong-royong sama, namun ada beberapa laptop yang caranya berbeda. Anda sanggup memakai cara ini untuk merek toshiba, acer, dell, asus, lenovo, hp, dan brand laptop lainnya.


Pada dasarnya tombol untuk masuk bios itu sudah ditetapkan secara umum, maksunya pabrikan bios sudah memilih tombol yang sanggup dipakai secara umum untuk semua merek.


Cara masuk bios:



  1. Lenovo = Tekan tombol F2 atau tombol Fn+F2

  2. Toshiba = Tombol F2, ESC atau F1

  3. Acer = Tombol F1, F2 atau CTRL+ALT+ESC

  4. Dell = F2, Delete, F12, F1, F3 atau Fn+F1

  5. Compaq = F10 atau Delete

  6. Asus = Tombol F2


Keterangan:


Tombol untuk masuk bios laptop semua brand yang sering dipakai ialah tombol F2, Delete atau F12. Hampir semua laptop sanggup memakai cara menekan tombol tersebut.


Jadi apapun laptop yang anda gunakan sanggup mencoba mekakai tombol F2, Delete atau F12 silahkan coba satu persatu.


Cara Penggunaannya:


Silahkan hidupkan laptop dengan menekan tombol power, secara bersamaan silahkan tekan-tekan* tombol F2, Delete atau F12 (pilih salah satu) hingga muncul hidangan BIOS.


*Perlu diperhatikan menekan-nekan sama menekan itu BEDA, kesalahan yang sering terjadi itu disini. Menekan-nekan berarti menekan tombol kemudian dilepas, tekan lagi lepas lagi (tekan lepas secara terus menerus). Kalau menekan berarti menekan tombol hanya satu kali saja, nah yang anda gunakan ialah dengan cara menekan-nekan tombol masuk bios diatas.


Kesimpulan:


Jika proses masuk bios tidak berhasil maka biarkan laptop atau komputer hidup terlebih dahulu, kemudian matikan komputer atau restart kemudian lakukan proses awal tadi dengan menekan-nekan tombol masuk bios.


Tombol masuk bios secara umum dan sering dipakai semua brand komputer atau laptop ialah tombol F2 atau Delete, yang lainnya biasanya memakai tombol ESC, F12, F1 atau F10. Yang lainnya ada juga memakai tombol kombinasi Fn+F2, Fn+F12 atau Fn+F10.


Baca juga: Cara Mengambil Screenshot Layar Komputer dan Laptop


Demikian informsi ihwal tombol keyboard untuk masuk BIOS komputer dan cara menggunakannya, semoga sanggup bermanfaat.


Jika masih kurang terang sanggup bertanya melalui kolom komentar yang sudah tersedia. Terima kasih


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel