Cara Mengatur Resolusi Layar Komputer Atau Laptop

Layar komputer anda tidak jernih, buram, melebar atau memanjang? mungkin sanggup resolusi layar komputer atau laptop anda tidak sanggup mengatur secara otomatis. Maka solusinya ialah dengan mengatur resolusi layar yang sempurna biar kembali normal dan lezat dilihat mata.


Tutorial kali ini akan menjelaskan perihal mengubah resolusi layar komputer atau tampilan layar desktop pada windows 7, windows 8 dan windows 10 biar kembali normal. Sebenarnya sudah ada rekomendasi ukuran resolusi pada layar monitor sesuai dengan lebar layar desktop yang digunakan. Sebagai pola aku memakai desktop 22 inch, resolusi yang direkomendaasikan ialah 1920 x 1080 atau notebook aku yang 12 inch direkomendasikan memakai resolusi 1366 x 768.


Namun tentu kita sanggup mengatur resolusi sesuai yang kita inginkan, alasannya ialah terkadang ada yang tidak suka tampilan terlalu kecil sehingga menurunkan resolusi biar terlihat agak besar. Dengan mengetahui cara mengatur resolusi maka anda dengan gampang dan cepat mengatur resolusi layar sesuai yang diinginkan.


Baca juga: Cara Praktis Cek Spesifikasi Laptop atau Komputer


Penyebab Resolusi Layar Komputer Tidak Normal


Ada beberapa penyebab tampilan layar komputer tidak sanggup diatur resolusinya, sehingga tidak sanggup memunculkan resolusi yang kita inginkan. Kenali masalahnya kalau sehabis setting resolusi layar namun masih tetap tidak berubah.



  1. Driver Video Graphics belum terinstal, driver ini berfungsi untuk mengaktifkan pengaturan tampilan layar desktop. Hal ini biasa terjadi saat selesai instal ulang windows. Bisa saja driver yang diinstal tidak sesuai, sehingga walaupun sudah diinstal tetapi tidak berfungsi.

  2. VGA rusak, ini sering terjadi pada komputer PC yang sering rusak pada VGA on board. Maka solusinya ialah membelikan VGA off board biar tampilan layar desktop kembali normal. Yang kedua ini pernah terjadi pada komputer langsung sehingga aku belikan VGA bekas, dan tampilan desktop kembali normal.


Jika sudah dipastikan driver sudah terinstal dengan baik dan VGA normal, maka anda sanggup mengatur resolusi sesui yang diinginkan. Silahkan sesuaikan dengan windows yang anda gunakan.


Cara Mengatur Resolusi Layar Komputer atau Laptop Windows 10



  1. Silahkan klik kanan pada layar komputer atau laptop anda, kemudian pilih Display setting. mungkin sanggup resolusi layar komputer atau laptop anda tidak sanggup mengatur secara otomatis Cara Mengatur Resolusi Layar Komputer atau Laptop

  2. Jika sudah terbuka silahkan scroll kebawah dan pilih Resolution. Silahkan atur resolusi yang anda inginkan lebih baik sesuai yang direkomendasikan oleh windows. Lihat gambar dibawah ini: mungkin sanggup resolusi layar komputer atau laptop anda tidak sanggup mengatur secara otomatis Cara Mengatur Resolusi Layar Komputer atau Laptop


Cara Mengubah Resolusi Layar Komputer atau Laptop Windows 7 dan 8



  1. Klik kanan pada layar desktop anda kemudian pilih Screen resolution. mungkin sanggup resolusi layar komputer atau laptop anda tidak sanggup mengatur secara otomatis Cara Mengatur Resolusi Layar Komputer atau Laptop

  2. Setelah terbuka, silahkan pilih Resolution untuk mengatur resolusi layar. Seperti gambar dibawah ini. mungkin sanggup resolusi layar komputer atau laptop anda tidak sanggup mengatur secara otomatis Cara Mengatur Resolusi Layar Komputer atau Laptop3. Terakhir klik OK


Baca juga: Cara Mematikan Laptop atau Komputer dengan Keyboard


Demikian cara mengatur resolusi layar monitor komputer atau laptop, semoga sanggup bermanfaat dan tampilan layar kembali normal sehingga tidak mengganggu penglihatan.


Selamat Mencoba.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel