Cara Menulis Ayat Al-Quran Di Microsoft Word

Menulis Ayat Al-Quran di Microsoft Word ternyata sanggup dilakukan dengan cepat dan gampang tanpa harus capek mengetik satu-satu sebab kini sudah ada santunan plugin yang sanggup menciptakan ayat Alquran mulai dari surat Alfatihah hingga surat An-nass.


Dengan memakai plugin (Quran in word) ini Anda cukup menentukan ayat atau surat yang diinginkan. Maka akan secara otomatis muncul dihalaman microsoft word. Dulu waktu masih kuliah saya sering memakai trik ini untuk memudahkan memasukkan ayat Alquran pada kiprah makalah, hasilnyapun manis dan gampang dibaca.


Atau bila ingin menulis hufur arab saja (bukan Alqu’an) silahkan ubah keybord komputer atau laptop menjadi aksara arab terlebih dahulu. silahkan simak tutorialnya disini : Cara Mengubah Keyboard Komputer Menjadi Huruf Arab


Apa itu Plugin Alquran in Word?


Plugin Alquran in word yaitu sebuah plugin yang sanggup di instal pada microsoft word yang berfungsi untuk membantu menulis ayat atau surat Alquran dengan mudah. Plugin ini diciptakan oleh Mas Mohamad Taufiq yang sudah berkarya dan sangat membantu untuk kita-kita yang sering memasukkan ayat Alquran pada halaman microsoft word.


Plugin ini sudah update versi terbaru yang sudah sanggup diinstal pada microsoft word versi 2007, 2010, 2013 dan 2016. Kaprikornus untuk semua versi Ms. Word sudah sanggup digunakan.


Apakah plugin ini gratis? Jawabannya “YA” plugin ini sanggup di unduh gratis tanpa harus membayar apapun. untuk mendapat plugin ini silahkan download DISINI.


Cara Memasukkan Ayat atau Surat AlQuran di Microsoft Word



  1. Silahkan download dan instal plugin Alquran in Word terlebih dahulu melalui link diatas.

  2. Jika sudah berhasil instal, langkah selanjutnya buka halaman Microsoft Word.

  3. Kemudian pada toolbar silahkan pilih ADD-INS >> Get Arabic or Translation of Al-QuranQuran di Microsoft Word ternyata sanggup dilakukan dengan cepat dan gampang tanpa harus capek m Cara Menulis Ayat Al-Quran di Microsoft Word

  4. Maka akan terbuka halaman Select surah and ayah, disitu ada pilihan menulis ayat saja atau beserta terjemahannya. Quran di Microsoft Word ternyata sanggup dilakukan dengan cepat dan gampang tanpa harus capek m Cara Menulis Ayat Al-Quran di Microsoft Word


Saya akan memperlihatkan tutorial menulis ayat atau surat saja dan menulis dengan terjemah. Ikuti tutorialnya dibawah ini.


Tutorial Menulis Ayat atau Surat Tanpa Terjemah


Silahkan beri centang pada Alquran saja >> kemudian pilih surat >> pilih ayat. Sebagai pola saya akan menulis surat Al-Fatihah dari ayat 1 hingga 5 saja.


Quran di Microsoft Word ternyata sanggup dilakukan dengan cepat dan gampang tanpa harus capek m Cara Menulis Ayat Al-Quran di Microsoft Word


Yang perlu diperhatikan yaitu nama surat dan ayat, bila ingin surat Al Fatihah ayat 7 saja, maka pada kolom ayat pilih 7 to 7 artinya ayat yang ke 7 hingga ke 7 (hanya satu ayat saja).


Menulis Ayat Alquran Beserta Terjemahnya di Microsoft Word


Caranya sama ibarat diatas, namun harus centang pada pilihan Translation. Silahkan setting ibarat berikut:



  1. Centang pada pilihan Al-Qur’an dan Translation

  2. Silahkan pilih surat dan ayat yang diinginkan.

  3. Pilih bahasa translate yang diinginkan (contoh bahasa Indonesia)

  4. Kemudian klik OK.


Kurang lebihnya ibarat gambar berikut:


Quran di Microsoft Word ternyata sanggup dilakukan dengan cepat dan gampang tanpa harus capek m Cara Menulis Ayat Al-Quran di Microsoft Word


Bagaimana gampang bukan? silahkan menulis ayat atau surat yang anda inginkan, tutorialnya sudah lengkap beserta memasukkan terjemahannya.


Jika masig kesulitan silahkan tinggalkan pesan melalui kolom komentar yang sudah disediakan. Selamat mencoba dan agar berhasil. Salam Pena Indigo.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel