Format Penulisan Makalah (Kertas, Font, Spasi Dan Margin)

Format Penulisan Makalah – Dalam pembuatan makalah, mahasiswa atau siswa dituntut untuk memakai format penulisan makalah secara baik dan benar. Hal ini bertujuan semoga makalah terlihat rapi dan gampang untuk dibaca.


Adapun format penulisan yang harus diperhatikan yaitu ukuran kertas, jenis font, ukuran font dan ukuran spasi. Untuk yang sudah hebat Microsoft Word hal ini sudah tidak sulit lagi, namun jikalau gres mengenal kegiatan office word tentu akan banyak bertanya dengan format penulisan tersebut.


Berikut standar format penulisan makalah:



  1. Kertas : A4

  2. Font: Times New Roman

  3. Ukuran Font: 12

  4. Spasi: 1,5

  5. Margin (jarak tepi kertas): top (3 cm), left (4 cm), right (3 cm), bottom(3 cm)


Cara Mengatur Ukuran Kertas dan Margin Makalah



  • Mengatur Kertas


Kertas yang dipakai yaitu model A4, untuk pengeturan silahkan pilih sajian Page Lauyout -> kemudian klik tanda panah kecil dibagian bawah page setup menyerupai gambar berikut: mahasiswa atau siswa dituntut untuk memakai format penulisan makalah secara baik dan  Format Penulisan Makalah (Kertas, Font, Spasi dan Margin)


Setelah diklik maka akan muncul halaman obrolan pengaturan kertas, silahkan pilih kertas A4 mahasiswa atau siswa dituntut untuk memakai format penulisan makalah secara baik dan  Format Penulisan Makalah (Kertas, Font, Spasi dan Margin)



  • Mengatur Margin


Caranya menyerupai pada pengaturan kertas diatas, kemudian pilih tab Margins samping tab paper, atur sesuai dengan ketentuan yaitu:



  • Top: 3 cm

  • Left: 4 cm

  • Right: 3 cm

  • Bottom: 3 cm


Jika ukuran pada microsoft word masih memakai inchi silahkan ganti terlebih dahulu menjadi cm,


Silahkan baca: Cara Merubah Ukuran Inchi ke Cm di Word 2007 – 2016


Pengaturan margin menyerupai gambar berikut: mahasiswa atau siswa dituntut untuk memakai format penulisan makalah secara baik dan  Format Penulisan Makalah (Kertas, Font, Spasi dan Margin)


Pengaturan Jenis Font dan Ukuran Font dalam Makalah


Font yang dipakai yaitu Times New Roman dengan ukuran 12 pt, Silahkan blok halaman terlebih dahulu memakai Ctrl+A, kemudian pada sajian HOME silahkan pilih halaman font, kemudian ubah font menjadi Times New Roman menyerupai gambar berikut: mahasiswa atau siswa dituntut untuk memakai format penulisan makalah secara baik dan  Format Penulisan Makalah (Kertas, Font, Spasi dan Margin)


Ukuran font berada disebelah jenis font, silahkan pilih ukuran 12


Cara Mengatur Spasi Makalah yang Benar


Pengaturan spasi dengan ketentuan sebagai berikut:



  • Spasi ukuran 1,5

  • spacing befor: 0

  • spacing after: 0


Untuk menciptakan ukuran tersebut, Silahkan blog seluruh goresan pena terlebih dahulu dengan tombol Ctrl+A, kemudian pada sajian HOME silahkan pilih pengaturan Paragraph dengan klik tombol kecil bab kanan bawah.  mahasiswa atau siswa dituntut untuk memakai format penulisan makalah secara baik dan  Format Penulisan Makalah (Kertas, Font, Spasi dan Margin)


Pada pengaturan Silahkan isi menyerupai gambar dibawah ini: mahasiswa atau siswa dituntut untuk memakai format penulisan makalah secara baik dan  Format Penulisan Makalah (Kertas, Font, Spasi dan Margin)


Sekian tutorial singkat wacana mengatur format penulisan makalah yang daik dan benar full dengan gambar, semoga sanggup membatu dalam pembuatan makalah. Selain tutorial diatas, aku juga sudah menciptakan tororial seputar makalah yaitu menciptakan titik otomatis pada daftar isi.


Silahkan Baca: Cara Cepat Membuat Titik-titik Daftar Isi Secara Otomatis


Selamat mencoba dan jikalau tutorial ini sangat bermanfaat silahkan rekomendasikan teman-teman untuk berguru bersama di blog ini atau share melalui sosial media.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel