Komunikasi Online - Penyampaian Pesan Dalam Jaringan (Daring)

 mungkin terasa aneh di pendengaran dan mata kita Komunikasi Online - Penyampaian Pesan dalam Jaringan (Daring)
Komunikasi Online - Penyampaian Pesan dalam Jaringan (Daring)

Istilah komunikasi daring (online communication) mungkin terasa aneh di pendengaran dan mata kita.

Padahal, mungkin komunikasi online itu kita lakukan sehari-hari --kirim dan terima email, kirim/terima pesan via WhatsApp (WA), baca situs berita, Facebookan, Tweet dan Retweet, dan acara online lainnya.

Komunikasi Online, secara praktis, sanggup disebut "internetan". Aktivitasnya berupa Googling, searching, surfing, Facebookan, Twitteran, Blogging, bikin status, komentar di blog atau website, share, WA-an, dll.

Pengertian Komunikasi Online

Secara bahasa, Komunikasi Online ialah adonan dua istilah: komunikasi dan online.

Komunikasi ialah pengiriman dan penerimaan pesan atau gosip antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud sanggup dipahami; hubungan; kontak (KBBI).

Online atau Daring (Dalam Jaringan) artinya "dalam jaringan, terhubung melalui jejaring komputer, internet, dan sebagainya" (KBBI).

Dapat disimpulkan, Komunikasi Online pengiriman dan penerimaan pesan (ide, informasi) melalui alat yang terhubung dalam jaringan atau internet. Alat komunikasinya sanggup berupa komputer dan handphone (gadget).

Dengan kata lain, Komunikasi Daring atau Komunikasi Online ialah proses penyampaian pesan secara online melalui internet.

Jadi, komunikasi online ialah bentuk komuniksi yang memakai bermacam-macam saluran yang tersedia di internet untuk berkomunikasi dan berinteraksi sevara online untuk memberikan pesan kepada audiens tertentu.

Online communication is a form of communication, using the various channels available on the Internet to communicate and interact online to relay a message to a targeted audience. (Sumber)

Jenis-Jenis Komunikasi Online: Tools


 mungkin terasa aneh di pendengaran dan mata kita Komunikasi Online - Penyampaian Pesan dalam Jaringan (Daring)
Komuniksi Online sanggup dilakukan dengan banyak sekali cara. Semuanya memakai situs web atau aplikasi online.

BBC merangkumnya dalam lima cara komunikasi online:

1. Email

Email --singkatan dari electronic mail (surat elektronik/surel)-- ialah versi digital pengiriman surat.


Selain sanggup mengirmkan pesan melalui teks, juga sanggup dilengkapi dengan gambar dan dokumen.

2. Blog

Blog --singkatan dari website log atau weblog-- ialah website yang bekerja layaknya catatan harian online (online diary). Di blog Anda sanggup mempubliksikan pedoman dan ketertarikan (passion). Orang lain sanggup berkunjung dan menbuka posting Anda dan melihat gambar atau video yang Anda upload di sana.

Blogging ialah bentuk komunikasi online yang baik jikalau Anda ingin menyebarkan pedoman dengan audiens yang luas. Blog memungkinkan Anda terhubung dengan siapa saja yang sanggup mengakses web di seluruh dunia.

3. Email newsletter

Email Newsletter ialah perpaduan antara email dan "lembar berita" (newspaper). Jika Anda mengisi formulir berlangganan , maka begitu ada posting baru, Anda akan mendapatkan email newsletter yang dikirimkan Feedburner Google.

Jika Anda berlangganan email newsletter dari situs Manchester United, makan Anda akan mendapatkan email berisi gambar ibarat ini:

 mungkin terasa aneh di pendengaran dan mata kita Komunikasi Online - Penyampaian Pesan dalam Jaringan (Daring)

4. Instant messaging

Pengiriman dan penerimaan pesan instan melalui WhatsApp (WA), Line, BBM, Skype, WeChat, dll.

5. Video calling

Video Calling memungkinkan Anda berbicara kepada seseorang secara real time dan melihat eksklusif orangnya melalui layar komputer atau HP, contohnya lewat aplikasi WhatsApp atau Facebook Messenger Video Call.

Itu beliau ulasan ringkas wacana Komunikasi Online - Penyampaian Pesan dalam Jaringan (Daring). Wasalam. ().*

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel