Cara Menciptakan Blog Bagi Orang Yang Malas Menulis: Vlog Dan Phlog

Cara Membuat Blog bagi Orang yang Malas Menulis Cara Membuat Blog bagi Orang yang Malas Menulis: Vlog dan Phlog
Cara Membuat Blog bagi Orang yang Malas Menulis: Vlog dan Phlog

BLOG itu penting, tak dapat diperdebatkan. Saya sudah share 20 Manfaat Blog mulai dari mengasah keterampilan menulis sampai bisnis online dan membangun jaringan.

Bagaimana kalau malas menulis atau "tidak bisa" menulis, apa harus menciptakan blog juga? Lalu, diisi apaan dong itu blog kalau gak dapat nulis?

Sebenarnya, semua orang dapat menulis. Jika ada yang mengaku tidak dapat menulis, maka bahwasanya bukan tidak bisa, tapi tidak minat dan niat. Soalnya, syarat menulis atau jadi penulis itu ya cuma satu: niat!

Oke deh, anggap saja Anda tidak dapat menulis, kemudian bagaimana mengisi blog?

Kita mulai dulu dengan menciptakan blog. Silakan ikuti dulu Cara Membuat Blog.

Anggap saja blognya sudah jadi. Jangan dulu memikirkan tampilan, desain, atau mau tampilan blognya manis berdasarkan Anda. Langsung saja fokus ke konten, isi blog, yang disebut posting atau postingan (blog post).

Ketahuilah, isi blog itu tidak harus selalu berupa tulisan. Makanya, isi blog disebut KONTEN dan POSTING. Yang namanya konten atau posting, dapat berupa goresan pena (writing), dapat juga berupa FOTO, GAMBAR, dan VIDEO.

Phlog - Photo Log (Blog Foto)

Cara Membuat Blog bagi Orang yang Malas Menulis Cara Membuat Blog bagi Orang yang Malas Menulis: Vlog dan Phlog
Bagi Anda yang mengaku tidak dapat menulis, isi saja blog itu dengan foto atau gambar. Anda punya HP 'kan? Pastinya ada fitur kamera dong? Gunakan itu untuk memotret objek menarik atau momen kenangan, kemudian posting atau publikasikan di blog Anda.

Maka, kalau blog Anda berisi lebih banyak didominasi atau semuanya foto, jadilah blog Anda berjulukan PHLOGGING, photo logging, atau Photography Blogging, Phlog, alias Blog Foto.

Contoh Blog Foto: romelteafoto.blogspot.com

Saya sering menyarankan orang yang hobi fotografi untuk menciptakan blog, adalah blog foto, untuk mempubliksikan hasil jepretannya.

Bisa jadi dut gak? Bisa banget! Dengan blog foto, Anda dapat dikenal orang sebagai fotografer andal, profesonal, dapat diundang, bahkan foto karya Anda di blog itu dapat dibeli, dijual.

Lihat saja situs penyedia foto menyerupai Shutter Stock atau 123rf. Mereka sediakan foto gratis dan premium. Contek saja konten mereka dengan foto orisinil karya Anda.

Vlog - Video Logging (Blog Video)

Cara Membuat Blog bagi Orang yang Malas Menulis Cara Membuat Blog bagi Orang yang Malas Menulis: Vlog dan Phlog
Selain Blog Foto (Phlog), Anda yang malas menulis untuk mengisi blog juga dapat menciptakan Blog Video yang dikenal denga Vlog. Video Blogging, atau Video Logging (Vlog).

Anda dapat menciptakan blog khusus video. Contoh blog video: romelteavideo.blogspot.com. 

Vlog saya itu isinya bukan video karya sendiri. Sekadar tumpuan saja.

Buatlah video menarik, bermanfaat, unik, kemudian posting di Youtube, dan ambil isyarat tempelnya untuk dimuat di blog Anda. O iya, Vlog juga dapat di Youtube ya, namanya Youtuber.

Bisa jadi duit? Bisa banget. Di  Blogger dan Youtube, Anda dapat melaukan monetisasi. Baca deh: Cara menghasilkan uang dari video.

Demikian wangsit saya soal blogging, khususnya bagi Anda yang malas menulis, tapi mau punya blog. Wasalam. ().*

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel