Manajemen Media Online: Desain, Konten, Seo
Rabu, 24 Juni 2015
Edit
Manajemen Media Online: Desain, Konten, SEO
Manajamen Media Online idealnya sudah menjadi mata kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi guna menemani atau melengkapi mata kuliah Jurnalistik Online dan dua mata kuliah sebelumnya --Manajemen Pers dan Manajemen Media Massa.
Manajemen Media Online --disebut juga Manajemen Media Daring, Manajamen Media Siber, atau Manajemen Website-- yakni cara mengelola media berbasis internet atau cara mengelola situs web, mulai dari situs web eksklusif (blog) hingga situs web organisasi, instansi, perusahaan, dan media massa online (situs berita/majalah online), dan meliputi desain, konten, dan SEO.
Manajemen Media Sosial cuilan dari Manajemen Media Online.
Secara umum, administrasi media dibagi dalam tiga cuilan atau departemen: redaksi (editorial department), pemasaran (marketing/busines department), penerbitan (publishing department).
Ketiga cuilan itu pun berlaku di media online, minus publishing yang "diambil alih" oleh "departemen teknis" (IT) yang diisi webmaster, programmer, atau desainer web.
Di cuilan pemasaran juga ditambah divisi khusus Online Marketing, termasuk mengelola media sosial.
Di School of Journalism University of Missouri sudah ada jurusan atau jadwal studi Online Media Management.
Program akademik atau jurusan administrasi media online ini dirancang semoga para mahasiswa mempunyai pengalaman profesional di bidang media online.
Progam administrasi media online ini juga ditujukan bagi mahasiswa yang ingin berkarier di bidang manajamen penerbitan (suratkabar atau majalah), mengelola agensi periknanan (advertising agency), atau terjun di bidang media penyiaran online (broadcast or cable network or station).
Materi jadwal Manajemen Media Online ini antara lain
Saya sampaikan tiga besar pokok bahasan sebagai berikut:
Saya hanya berbabagi soal jenis-jenis tampilan website atau blog, termasuk:
Tren desain web atau media online juga masuk dalam bahasan, termasuk tren "mobile-friendly website" atau situs web ramah seluler. Google bahkan mengeluarkan algoritma khusus berjulukan MobileGeddon.
Di cuilan penulisan konten, saya mengembangkan soal teknik menulis karya jurnalistik, utamanya menulis berita, artikel opini, dan feature, termasuk cara mengupload foto yang baik dan benar sesuai dengan dua sasaran utama audiens media online: mesin pencari (robot) dan insan (pengguna/pengunjung/pembaca).
Penulisan konten website itu hendaknya:
Itu beliau draft konsep atau apa ya namanya.... mungkin garis besar (outline) perihal Manajemen Media Online, meliputi Desain, Konten, dan SEO. Itu saja dulu. Wasalam. ().*
Manajamen Media Online idealnya sudah menjadi mata kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi guna menemani atau melengkapi mata kuliah Jurnalistik Online dan dua mata kuliah sebelumnya --Manajemen Pers dan Manajemen Media Massa.
Manajemen Media Online --disebut juga Manajemen Media Daring, Manajamen Media Siber, atau Manajemen Website-- yakni cara mengelola media berbasis internet atau cara mengelola situs web, mulai dari situs web eksklusif (blog) hingga situs web organisasi, instansi, perusahaan, dan media massa online (situs berita/majalah online), dan meliputi desain, konten, dan SEO.
Manajemen Media Sosial cuilan dari Manajemen Media Online.
Secara umum, administrasi media dibagi dalam tiga cuilan atau departemen: redaksi (editorial department), pemasaran (marketing/busines department), penerbitan (publishing department).
Ketiga cuilan itu pun berlaku di media online, minus publishing yang "diambil alih" oleh "departemen teknis" (IT) yang diisi webmaster, programmer, atau desainer web.
Di cuilan pemasaran juga ditambah divisi khusus Online Marketing, termasuk mengelola media sosial.
Di School of Journalism University of Missouri sudah ada jurusan atau jadwal studi Online Media Management.
Program akademik atau jurusan administrasi media online ini dirancang semoga para mahasiswa mempunyai pengalaman profesional di bidang media online.
Progam administrasi media online ini juga ditujukan bagi mahasiswa yang ingin berkarier di bidang manajamen penerbitan (suratkabar atau majalah), mengelola agensi periknanan (advertising agency), atau terjun di bidang media penyiaran online (broadcast or cable network or station).
Materi jadwal Manajemen Media Online ini antara lain
- Communications Law
- Investigative Reporting
- Participatory Journalism
- Changing Media Business Models
- Media Management and Leadership
- Theory of Mass Communication
- Communication in Media Organizations
- Online Media Strategy
- Planning and Buying
- Social Media
- Mobile
- SEO (Search Engine Optimization)
- SEM (Search Engine Marketing)
Saya sampaikan tiga besar pokok bahasan sebagai berikut:
- Desain Web
- Content Writing
- SEO
Saya hanya berbabagi soal jenis-jenis tampilan website atau blog, termasuk:
- Simple
- Magazine Style
- News Style
- Portfolio
- eCommerce/Online Store
Tren desain web atau media online juga masuk dalam bahasan, termasuk tren "mobile-friendly website" atau situs web ramah seluler. Google bahkan mengeluarkan algoritma khusus berjulukan MobileGeddon.
Di cuilan penulisan konten, saya mengembangkan soal teknik menulis karya jurnalistik, utamanya menulis berita, artikel opini, dan feature, termasuk cara mengupload foto yang baik dan benar sesuai dengan dua sasaran utama audiens media online: mesin pencari (robot) dan insan (pengguna/pengunjung/pembaca).
Penulisan konten website itu hendaknya:
- Ramah Mesin Telusur (SEO Friendly)
- Ramah Penggguna (User Friendly)
Itu beliau draft konsep atau apa ya namanya.... mungkin garis besar (outline) perihal Manajemen Media Online, meliputi Desain, Konten, dan SEO. Itu saja dulu. Wasalam. ().*