Media Handling: Pengertian, Ruang Lingkup, Dan Tips

 Bagian dari Konsep Hubungan Media Humas  Media Handling: Pengertian, Ruang Lingkup, dan Tips
Media Handling: Pengertian dan Ruang Lingkup. Bagian dari Konsep Hubungan Media Humas (PR).

Media Handling yaitu kepingan dari keterampilan Praktisi Humas atau Public Relations (PR Skills) dalam menangani atau mengatasi media. Konsep awalnya yaitu bagaimana menghadapi atau melaksanakan wawancara dengan wartawan (media).

Media Handling atau Handling the Media termasuk cara meng-handle (menangani) pertanyaan wartawan atau mengadakan konferensi pers (press conference).

Handling Media juga kepingan dari dari upaya membina kekerabatan baik dengan pihak media. Karenanya, Media Handling termasuk dalam konsep Media Relations/Press Relations (hubungan media/pers) dalam "teori" kehumasan (Public Relations/PR).

Media Handling dalam konteks wawancara dan konferensi pers memerlukan keterampilan public speaking. Itu sebabnya training media handling biasanya ditambahkan bahan public speaking.

Memahami dunia media, pengertian media, jenis-jenis media, cara kerja media, bahkan jadwal setting dan framing, juga diharapkan guna menghandle media dengan "baik dan benar".

Dalam konteks writing, handling media juga termasuk menulis press release (rilis, siaran pers), menulis konten website, dan posting di media sosial.

Karenanya, kini konsep media handing harus diperluas menjadi tidak sekadar menangani wawancara atau promosi & penjelasan di media, tapi juga mengeloma media sendiri (media internal) termasuk media sosial.

Media Handling Skills

Secara umum, keterampilan yang dibutuhkan dalam media handling yaitu keterampilan berbicara (speaking skills) dan menulis (writing skills), selain pemahaman dunia media dan kewartawanan (jurnalistik).

Menulis bahkan merupakan keterampilan utama staf humas atau praktisi PR. Di masa internet atau media online ketika ini, keterampilan menulis praktisi humas harus ditambah dengan wawasan dan keterampilan media internet. (Baca: Skills Humas Online)

Salah satu buku referensi media handling yaitu When the Headline is YOU: An Insider’s Guide to Handling Media (Wiley 2010) karya Jeff Ansell, jurnalis dan konsultan PR, antara lain membahas cara media bekerja dan berpikir.

Ansell menjelaskan --dalam konteks media di Amerika-- bagaimana seorang juru bicara (spokesperson) harus sanggup memahami soal angle, deadline, sampai agenda setting media yang mempengaruhi suatu pemberitaaan.

Tips Handling Media

Berikut ini ringkasan beberapa teknik atau tips media handling dari banyak sekali sumber.

PR Skills: 5 Aturan untuk Penanganan Media 


1. Tetap Tenang, Profesional & Faktual

Berbicara dengan wartawan harus ibarat berurusan dengan polisi. Tetap ringan, tapi jangan mencoba untuk menjadi lucu. Bercanda dengan reporter tidak selalu wangsit yang baik.
 

2. Jangan Katakan Apa yang Tidak Ingin Dipublikasikan

Lupakan semua yang Anda lihat di semua film-film wacana berbicara off-the-record dengan reporter. Segala sesuatu yang Anda katakan sanggup menjadi catatan, bahkan kalau wartawan menyampaikan sebaliknya. Off-the-record tidak mengikat secara hukum.Wartawan tidak perlu izin untuk menulis atau mencetak apa pun yang Anda katakan, jadi jangan menyebarkan apa pun yang Anda tidak ingin melihatnya di web. 

3. Asumsikan Pembicaraan Anda Direkam 
Wartawan tidak perlu memberitahu Anda kalau pembicaraan Anda direkam. 

4. Kumpulkan Data 

Reporter itu bukan satu-satunya orang yang sanggup mengajukan pertanyaan. Dapatkan informasi sebanyak mungkin. Biarkan wartawan mengajukan pertanyaan. Kumpulkan data untuk menguasai problem dengan baik.5. Membunuh Cerita. Kill the Story

Selengkapnya: 5 Rules for Dealing with the Media

Sumber Tips Media Handling Lainnya: 

Gunakan Media Sosial Selama Krisis

Sosial media memperlihatkan daerah bagi Anda untuk berkomunikasi secara pribadi dengan masyarakat --melalui situs web, facebook, twitter, atau media umum lainnya.

Pengguna media sosial atau wara internet (netizen) ingin tahu bahwa Anda segera mengatasi problem yang mungkin timbul.  

Sosial media yaitu cara untuk mendapat sisi Anda dari hal-hal kepada masyarakat secara cepat dan akurat tanpa informasi diuraikan melalui pers. Menggunakan media umum dengan benar sanggup menciptakan atau menghancurkan sebuah perusahaan atau individu.

Reputasi bisnis dan dapat dipercaya sangat penting, dan sayangnya, itu sanggup hancur dengan sangat cepat, terutama di masa internet sekarang.  

Kehadiran media umum perusahaan Anda memastikan bahwa Anda mengambil kepingan dalam usia transparansi dan obrolan langsung. Itu berarti ketika krisis merek muncul, Anda mempunyai kesempatan pribadi untuk berkomunikasi dengan basis pelanggan Anda dan meminimalkan kerusakan. Pada satu jam pertama, Anda sudah harus memastikan Anda memakai lokasi ini secara maksimal.

Baca Juga: Praktisi Humas Wajib Bisa Menulis dan Kelola Media Sosial

Demikian sekilas ulasan wacana Pengertian, Ruang Lingkup, dan Tips Media Handling. Wasalam. ().*

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel