Pengertian Pers, Media, Dan Jurnalistik Serta Perbedaannya

 dan Jurnalistik serta Perbedaannya secara mudah saja Pengertian Pers, Media, dan Jurnalistik serta Perbedaannya
Pengertian Pers, Media, dan Jurnalistik serta Perbedaannya. Ada pertanyaan, apa bedanya pers, media --yakni media massa, dan jurnalistik?

Ada juga istilah media pers, media massa, dan media jurnalistik. Apa pengertiannya? Ada lagi sebutan "Insan Pers", "Insan Media", "Orang Media", "Awak Media", atau "Pekerja Pers" dan "Pekerja Media", tapi tidak ada tuh istilah "Insan Jurnalistik"?

Saya akan ulas Pengertian Pers, Media, dan Jurnalistik serta Perbedaannya secara mudah saja, bukan teoritis atau ulasan secara ilmiah yang biasanya kutip sana kutip sini.

Saya juga sudah mengulasnya di buku Kamus Jurnalistik terbitan Simbiosa Rekatama Bandung. Silakan borong :)

Pengertian Pers 


Pers (press) secara bahasa artinya menekan atau mencetak. Istilah pers dipakai untuk media cetak --suratkabar, tabloid, majalah-- yang melalui proses percetakan. Ada "tekanan" di mesin cetak dikala mencetaknya.
 
Secara istilah, pers ialah segala jenis media publikasi  yang dicetak (printed media, printed publications).

Pada perkembangannya, istilah pers dipakai untuk semua media massa, cetak ataupun elektronik (radio/televisi). Media Online atau Situs Berita yang muncul belakangan juga masuk kategori pers.

Saya mendefinisikan pers sebagai forum atau perusahaan yang bergerak di bidang pemberitaan, baik cetak, elektronik, maupun online.

Pengertian Media

 Media (jamak dari medium) ialah sarana, perantara, atau wasilah penyebarluasan informasi. Yang melalui proses cetak disebut media cetak. Yang butuh pedoman listrik disebut media elektronik (radio/televisi).

Media ialah abreviasi dari media massa (mass media), yakni sarana komunikasi massa atau penyampaian pesan kepada orang banyak.

Pesan yang ada di media umumnya berupa isu (informasi kasatmata atau informasi perihal insiden yang gres saja terjadi), juga berupa gagasan, ide, pemikiran --dalam bentuk goresan pena opini-- dan feature --naskah perpaduan isu dan opini dengan gaya penyajian sasatra.

Pesan yang disebarkan di media juga dapat berupa gambar (foto), grafis, audio, dan video.

Pengertian Jurnalistik 

Secara bahasa, jurnalistik ialah hal-ihwal pelaporan, yakni laporan perihal insiden aktual, penting, dan menarik.

Jurnalistik ialah acara atau proses peliputan peristiwa, wawancara, pengumpulan data dan fakta, kemudian disajikan dalam bentuk tulisan, audio, ataupun video.

Produk atau karya jurnalistik yang utama ialah berita, yakni laporan insiden kasatmata dan penting.


Perbedaan Pers, Media, dan Jurnalistik

Dari uraian pengertian pers, media, dan jurnalistik di atas, maka dapat disimpulkan perbedaannya sebagai berikut:
  • Pers: forum penerbitan atau perusahaan media. Ringkasnya: Pers = Lembaga.
  • Media: sarana penyebarluasan informasi, produk pers atau produk forum penerbitan. Ringkasnya: Media = Sarana.
  • Jurnalistik: proses atau acara peliputan dan penyajian informasi kasatmata yang dituangkan di media dengan naungan forum penerbitan. Ringkasnya: Jurnalistik = Proses/Aktivitas.
Demikian pengertian dan perbedaan pers, media, dan jurnalistik secara praktis, untuk kepentingan "memenuhi rasa ingin tahu" atau sekadar paham. Kalau mau pengertian yang "ilmiah", buka saja buku-buku komunikasi dan jurnalistik. Wasalam. ().*

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel