Semua Orang Dapat Jadi Wartawan, Medianya Blogging

 Cara menciptakan situs informasi berbasis blog pun sangat gampang Semua Orang Bisa Makara Wartawan, Medianya Blogging
Semua orang sanggup menjadi jurnalis. Cara menciptakan situs informasi berbasis blog pun sangat mudah.

 ERA internet dan media umum menciptakan semua orang sanggup menjadi wartawan. Everybody can be journalist!

Bukan wartawan dalam pengertian "wartawan profesional" sebagaimana definisi dalam UU Pers, tapi wartawan dalam pengertian "teknis": produksi informasi, menulis berita, dan menyebarkannya.

Era internet juga mengakibatkan semua orang menjadi "publisher", dalam pengertian tadi --produksi informasi, menulis berita, dan menyebarkannya. "Anyone can be a publisher," tulis Herarld.

Kini, di media internet, dengan gampang orang mengembangkan informasi apa saja. Internet pun bersikap "demokratis" --memperlakukan semua informasi sama-sama muncul, tampil, tak peduli siapa dan bagaimana kualitas orang yang menulisnya.

Dalam Manifesto Internet juga disebutkan, internet yaitu kemenangan informasi. Saat ini setiap orang, melalui internet, sanggup menginformasikan diri mereka lebih baik dari sebelumnya.

Kebebasan Internet tidak sanggup diganggu-gugat. Memblokir kanal ke Internet dinilai “membahayakan fatwa bebas informasi” dan merusak “hak dasar perihal memilih informasi sendiri”.

Tidak hanya di media sosial, semua orang juga sanggup memerankan diri sebagai wartawan layaknya jurnalis profesional yang bekerja di perusahaan media atau lembaga/perusahaan pers.

Medianya yaitu blog, situs web atau halaman langsung (personal web page) yang sanggup bersaing di mesin telusur (search engine) dengan situs-situs besar dengan Teknik Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO).

"I think of us as journalists; the medium we work in is blogging," kata Joshua Micah Marshall, wartawan dan blogger Amerika, dikutip Income Diarry.

Blog platform Blogger atau CMS WordPress sekarang dengan gampang sanggup "disulap" atau berubah menjadi menjadi media online dalam arti situs informasi (news site).

Jika dikelola oleh blogger yang piawai menulis dan menguasai teknik jurnalistik, maka situs informasi berbasis blogger tersebut sanggup bersaing dengan media-media komersial di internet.

Cara Membuat Situs Berita Berbasis Blogger

Cara menciptakan situs informasi berbasis blog sangat mudah:
1. Buat Blog
2. Gunakan Template Magazine News Style
3. Lakukan Custom Domain semoga terkesan profesional.
4. Isi blog dengan informasi konkret layaknya situs berita.

Situs-situs informasi berbasis blog itulah yang belakangan "meresahkan" Dewan Pers dan media-media arus utama (mainstream).

Jelas, sekarang Semua Orang Bisa Makara Wartawan. Medianya Blogging.

Ada sudah ngeblog? Jika belum, Anda hanya menjadi "objek" yang diombang-ambing banjir informasi internet. Ayo, jadi subjek dengan blogging! Wasalam. ().*

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel