Sembilan Elemen Jurnalisme: Anutan Wartawan & Media Profesional

What Newspeople Should Know and The Public Should Expect Sembilan Elemen Jurnalisme: Pedoman Wartawan & Media Profesional
Sembilan Elemen Jurnalisme: Pedoman Wartawan & Media Profesional.

BUKU The Elements of Journalism:: What Newspeople Should Know and The Public Should Expect sangat dikenal di kalangan wartawan profesional atau mahasisw junalistik.

Ditulis dua wartawan Amerika Serikat, Bill Kovach dan Tom Rosenstiel, sembilan elemen jurnalistik ini menjadi paduan profesional sekaligus adat profesi wartawan.

Kedua wartawan veteran Amerika ini menggambarkan sembilan prinsip jurnalism (jurnalistik) sebagai tanggung jawab fundamental para jurnalis, standar kerja jurnalis, dan tugas pers bebas.

Verifikasi media, QR Barcode, atau "label halal" Dewan Pers terhadap media-media di Indonesia hanya akan membedakan mana media berbadan aturan dan yang tidak.


Verifikasi dan barcode bukan jaminan media tersebut fair dan berimbang dalam pemberitaan, juga bukan jaminan media tersebut independen dan berpihak kepada publik.

Alangkah baiknya Dewan Pers juga melaksanakan verifikasi dari sisi konten, pemberitaan, apakah sesuai dengan isyarat etik jurnalistik atau tidak, bukan hanya verifikasi dari sisi modal atau tubuh hukum.

Sembilan Elemen Jurnalisme: Pedoman Wartawan & Media Profesional

Kesembilan elemen jurnalisme itu adalah:
  1. Journalism's first obligation is to the truth. Kewajiban jurnalisme pertama ialah (berpihak) pada kebenaran.
  2. Its first loyalty is to the citizens. Loyalitas (kesetiaan) pertamanya kepada warga (publik)
  3. Its essence is discipline of verification. Esensi jurnalisme ialah disiplin verifikasi
  4. Its practitioners must maintain an independence from those they cover. Para praktisinya (jurnalis/wartawan) harus menjaga independensi dari objek liputannya.
  5. It must serve as an independent monitor of power. Jurnalis harus menciptakan dirinya sebagai pemantau independen kekuasaan. Jurnalis harus memberi lembaga bagi publik untuk saling-kritik dan menemukan kompromi.
  6. It must provide a lembaga for public criticism and compromise. Jurnalis harus memberi lembaga bagi publik untuk saling-kritik dan menemukan kompromi.
  7. It must strive to make the significant interesting, and relevant. Jurnalis harus berusaha menciptakan hal penting menjadi menarik dan relevan.
  8. It must keep the news comprehensive and proportional. Jurnalis harus menciptakan info yang komprehensif dan proporsional.
  9. Its practitioners must be allowed to exercise their personal conscience. Jurnalis harus diperbolehkan mendengarkan hati nurani personalnya.

Inti sembilan elemen jurnalisme itu ialah wartawan atau media harus memegang teguh kebenaran. Dalam jurnalistik, parameter kebenaran ialah fakta, data, atau insiden yang bahwasanya terjadi. Dengan demikian, manipulasi informasi --dikenal dengan framing-- bertentangan dengan kaidah jurnalistik.

Wartawan harus berpihak kepada publik. Media dihentikan menyembunyikan informasi yang sebenarnya. Jika itu dilakukan, maka jadinya menyerupai sekarang: merebaknya hoax.

Wartawan/meda harus menjadi pemantau independen kekuasaan, menjadi kekuatan keempat (watchdog journalism, atau melaksanakan pengawasan sosial (social control) sebagaimana diamanatkan UU No. 40/1999 perihal Pers (Fungsi Pers).

Disiplin verifikasi, yakni cek dan recek, meneliti ulang kebenaran sebuah informasi, menjadi ruh jurnalisme. Inilah yang menciptakan pemberita media pers atau media jurnalistik terpercaya.

Sembilan Elemen Jurnalisme ialah ide, isyarat etik, dan banyak wartawan media arus utama di Indonesia kini mengabaikannya, terutama soal loyalitas kepada publik dan pemantau independen kekuasaan.

Terabaikannya isyarat etik dan sembilan elemen jurnalistik terutama tanggapan media-media besar dimiliki dan dikendalikan penguasa atau kelompok kepentingan politik. Publik tidak dapat mengharapkan pemberitaan yang berimbang (balance), detail, fair, kepada media-media yang dimiliki pihak yang ada di bundar kekuasaan atau pro-pemerintah.

Media yang dikenalikan rezim atau pemilik yang ada di bundar kekuasaan akan berubah fungsi dan tugas dari media pers/media jurnalistik menjadi menjadi media partisan dan media propaganda.

Demikian ulasan ringkas perihal Sembilan Elemen Jurnalisme: Pedoman Wartawan & Media Profesional. Wasalam. ().*

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel