Tips Menjadi Blogpreneur – Menghasilkan Uang Melalui Blog

 blogpreneur belum sepopuler dua istilah yang membentuknya Tips Menjadi Blogpreneur – Menghasilkan Uang Melalui Blog
Tips Menjadi Blogpreneur – Menghasilkan Uang Melalui Blog. Make Mone Blogging.

ISTILAH blogpreneur belum sepopuler dua istilah yang membentuknya: blog dan entrepreneur. Namun, dapat jadi sudah banyak orang yang bergotong-royong sudah menjadi blogpreneur tanpa menyadari bahwa dirinya seorang blogpreneur.

Orang yang ngeblog, kemudian diterima menjadi publisher Google AdSense, maka bergotong-royong ia sudah menjadi blogpreneur.

Demikian juga kalau ada yang punya blog, kemudian ikut aktivitas afiliasai (affiliate marketing), maka ia disebut blogpreneur.

Umumnya, motivasi awal ngeblog (blogging) itu sekadar menyalurkan hobi menulis, menyebarkan (share) pengetahuan atau pemikiran, atau ekspresi.

Berkah berbagi, blog banyak dikunjungi pengguna internet (user), kemudian datanglah rezeki melalui iklan Google (Adsense), Affiliate Marketing, dan lainnya. Jika ditekuni bahkan dijadikan andalan utama dalam penghasilan, maka jadilah full time blogger sebagai blogpreneur, yakni wirausahawan melalui blogging.

Make Money Blogging: Menghasilkan Uang dengan Ngeblog

Istilah terkenal blogpreneur ialah “make money blogging” atau menghasilkan uang melalui blog.

Jika Anda menciptakan blog di Blogger, ketika blog sudah banyak pengunjung, minimal 250 pengunjung unik (unique visitor) per hari, maka akan muncul sajian “Earning” (Penghasilan) di Dashboard Blogger untuk memudahkan admin atau pemilik blog menjadi publisher Google Adsense.

Selengkapnya: Menghasilkan uang dengan blog Anda

Setidaknya, dikala ini  ada tiga jenis blogger:
  1. Personal Blogger -- Blogger atau penulis yang sekadar aktualisasi diri, menyimpan catatan pemikiran, atau menyebarkan pengetahuan dan pengalamannya melalui blog atau website pribadinya.
  2. Business Blogger -- Blogger yang memang bertujuan merintis atau membangun bisnis online melalui blog, menyerupai blog toko online atau blog promosi produk/jasa/service.
  3. Mayoritas blogger masuk dalam tipe pertama, namun belakang layar berharap dapat mengembangkan blognya menjadi lahan bisnis online.
Blogpreneur versi aku ialah
  1. Publisher Google Adsense –memasang iklan Google di blog. Perkiraan saya, menurut pengalaman pribadi... rata-rata penghasilan blogger Indonesia dari AdSense, per bulan, antara 100-500 dolar.
  2. Self-Promotion – promosi atau "jual diri" dengan menuliskan ide, pemikiran, dan tips seputar komunikasi praktis, media, jurnalistik, radio broadcasting, public speaking, dan sebagainya, kemudian “panitia” menemukan aku di internet menilai “ini ia pembicara/pemateri/trainer yang kita cari!”.

Tips Menjadi Blogpreneur

Belum usang ini aku diundang menjadi pemateri Kuliah Umum (Studium General) di UIN Bandung dengan tema Wirausahawan Online.

Dalam waktu satu jam, aku sampaikan tips ringkas menjadi blogpreneur atau make monye blogging sebagai berikut:

1. Membuat Blog.

Creat a Blog. Buatlah di Blogger milik Google biar pribadi terintegrasi dengan AdSense sebagai sasaran dan sumber penghasilan utama.

2. Pilih Niche Blog: Start with Your Passion!

Pilihlah niche atau topik konten blog sesuai dengan passion alias talenta dan minat. Anda hobi sepakbola, isilah blog dengan info seputar bola, dengan catatan: goresan pena sendiri, asli, unik, lengkap, dan sebutkan sumber kalau mengutip data/informasi dari situs lain.

Jika Anda suka kucing, maka buatlah blog wacana kucing. Jika Anda suka musik, buatlah blog wacana musik. Jika Anda seorang mekanik, maka buatlah blog berisi tips seputar perawatan dan mengatasi dilema kendaraan bermotor. Begitu seterusnya.

3. Keahlian, Pengetahuan, dan Pengalaman.

Para blogger umumnya menyebarkan ilmu, keahlian, keterampilan, dan pengalaman. Semua orang punya keahlian masing-masing, juga pengalaman unik. Tuliskan itu di blog.

Ketika aku mau merokok di kamar hotel yang bertuliskan "No Smoking Room", maka aku Googling wacana "merokok di kamar no smoking room". Beberapa orang membagikan pengalamannya! Saya juga. Simak deh: Pengalaman Merokok di Kamar Hotel No Smoking Room.

4. Gunakan SEO!

Search Engine Optimitization (SEO) atau Pengoptimalan Mesin Pencari ialah senjata utama blogger untuk mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya.

Banyak sekali blogger yang menyebarkan wacana Tips SEO Dasar Blogger.

Kunci sukses blogpreneur ialah banyaknya pengunjung. Kian banyak pembaca, makin tinggi trafik dan/atau PageViews, maka makin besar peluang menjadi publisher AdSense dan mendapat penghasilan besar dari komisi iklan Google itu.

5. Niatkan Berbagi!

Ada pesan tersirat menarik dari blogger sukses admin Daily Blog Tips. Disebutkan, jangan niatkan menciptakan blog untuk menghasilkan uang, tapi niatkan untuk berbagi. Baca juga tips terpopulernya: 28 Ways to Make Money with Your Website.

Saya jadi ingat ungkapan Dave Thomas: The more you give, the more you get in return. Makin banyak berbagi, maka kian banyak imbalannya!

6. Monetisasi Youtube

Jika Anda suka menciptakan video, upload ke Youtube, dan uangkan! Istilahnya: Monetisasi Video. Anda dapat memanfaatkan AdSense Youtube untuk dilinkan ke blog.

Blogpreneur merupakan peluang bagi pengangguran (jobless) --seperti saya-- untuk “tetap bertahan hidup” alias nyari duit, menafkahi diri dan keluarga.

Simak juga Video Make Money on Blogger with Google AdSense berikut ini:



Tertarik menjadi blogpreneur…? Just GO BLOGGING! Wasalam. ().*

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel