9 Kesalahan Public Speaking (Pidato) Yang Harus Dihindari

 Kesalahan dalam Public Speaking yang Harus Dihindari 9 Kesalahan Public Speaking (Pidato) yang Harus Dihindari
PUBLIC Speaking ialah kegiatan berbicara di depan umum, menyerupai pidato, ceramah, khotbah jumat, dan presentasi.

Public Speaking sering diindonesian dengan istilah "pembicaraan publik" atau "berbicara di depan publik".

Setidaknya ada sembilan pantangan, kesalahan, atau hal yang harus dihindari ketika public speaking alias berbicara di depan umum atau pidato.

Kesalahan atau pantangan berikut ini harus dihindari biar pidato Anda menarik, memukau, disukai hadirin (audiens), dan gampang dimengerti.

9 Kesalahan Umum dalam Public Speaking


1. Membaca naskah pidato kata demi kata.

Reading a speech word for word.  Membaca naskah pidato secara utuh (script reading) merupakan satu dari empat teknik penyamapain pidato, selain menghafal teks pidato (memorizing), memakai alat bantu visual (using visual aids), dan memakai catatan (using notes).

Membaca naskah pidato kata demi kata dalam public speaking dinilai sebagai "pidato terburuk" sebab tidak ada orang yang suka kepada pembicara yang berbicara sambil menunduk. Kalo mau baca naskah, kasih aja naskah itu ke hadirin --mereka dapat baca sendiri kok! 'Ner gak?


Solusi: gunakan catatan garis besar, outline, atau pointer.

2. Posisi Tangan

Setiap kali dipercaya menjadi trainer pembinaan public speaking, saya selalu memulainya dengan pretes. Peserta satu per satu tampil berpidato apa saja, contohnya sekadar mengenalkan diri dan menjelaskan hobi.

Kebanyakan mereka bermasalah dengan posisi kedua tangan yang merupakan pantangan dalam pidato: menyilangkan tangan di depan, disilang belakang (gendong tuyul), memasukkan tangan ke saku celana, lengan disedekapkan, atau meremas-remas tangan.

Solusi: ketika memulai pidato, posisikan kedua tangan di samping dan mulai pergunakan gestur tangan ketika menyampaikan "saya". Bisa juga dengan memalsukan posisi tangan presenter televisis menyerupai dalam gambar berikut ini:

 Kesalahan dalam Public Speaking yang Harus Dihindari 9 Kesalahan Public Speaking (Pidato) yang Harus Dihindari

 3. Menggunakan Gaya Bahasa Teknis-Ilmiah

Kecuali presentasi atau orasi ilmiah atau mengajar di kampus, hindari penggunaan bahasa teknis-ilmiah yang hanya dapat dimengerti kalangan akademis atau kalangan tertentu (jargon).

Solusi: gunakan bahasa yang umum dipakai dalam sehari-hari atau yang dimengerti audiens.
 
4. Tidak fokus

Not having a point. Pembicaraan melebar atau "ngelantur" ke mana-mana. Selain pidato jadi dapat panjang atau lama, bikin kesel hadirin, pesan utama jadi terlupakan.

Tips Mengawali Public Speaking).

7.  Melihat ke Atas. Mata ke mana-mana.

Poor use of eye contact. Jangan lihat ke atas, ke samping, ke dinding, atau ke arah lain selain hadirin. Hadapkan wajah kepada hadirin. Tatap mata mereka secara bergantian, putar kepala Anda secara perlahan pisan.

Jika gugup, grogi, kurang percaya diri, arahkan tatapan mata Anda ke atas kepala hadirin! This is great way to avoid nerveous. Silakan coba.
 
8. Monoton. 

Suara datar. Vokal tidak variatif. Monoton: mono = satu, tone = nada. Satu nada. Gak yummy didengar! Variasikan nada bicara tinggi, rendah, pelan, keras, mungkin sesekali perlu "berteriak" sampil mengepalkan tangan.

9. Tempo  

Terlalu cepat = susah ditangkap, sukar dimengerti. Terlalu lambat = bikin kesel, ngantuk, boring! Maka, atur tempo atau kecepatan (speed) pembicaraan Anda. Ini perlu Latihan Napas dan Teknik Vokal.

Demikian "catatan kecil" ihwal kesalahan atau pantangan dalam pidato (public speaking) yang mesti dihindari. Untuk teknik presentasi yang baik, silakan buka Top 10 Tips Presentasi Memukau. Wasalam ().*

Sumber
  • Nine Public-Speaking Mistakes. http://www.slideshare.net/mprofs/nine-publicspeaking-mistakes-you-need-to-stop-making-now  
  • 5 Public Speaking Mistakes To Avoid. http://www.realmenrealstyle.com/public-speaking-mistakes/ 
  • The 10 Biggest Public Speaking Errors (and How to Avoid Them). http://www.genardmethod.com/blog/bid/155719/The-10-Biggest-Public-Speaking-Errors-and-How-to-Avoid-Them

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel