Angle Berita: Sudut Pandang Untuk Menulis Judul Dan Lead

 Sudut Pandang untuk Menulis Judul dan Lead Angle Berita: Sudut Pandang untuk Menulis Judul dan Lead
ANGLE Berita (news angle) ialah sudut pandang (poin of view) wartawan terhadap sebuah insiden atau kasus. Sudut pandang ini secara teknis menentukan penulisan judul (head) dan teras (lead) atau alinea pertama naskah berita.

"Kamus" jurnalisme About mendefinisikan news angle sebagai "The angle is the point or theme of a news or feature story. The angle is found in the lede of the story." (Angle ialah poin atau tema sebuah informasi atau feature. Angle ditemukan di teras cerita).

Istilah lain News Angle (Sudut Berita) ialah News Peg (Pasak Berita), News Hook (Pelatuk Berita), dan Story Hook (Momentum Beirta) yang semuanya mengarah pada pengertian pokok berita, topik atau insiden aktual, atau situasi yang menjadi nilai informasi (news value).

Setiap media atau wartawan mempunyai angle informasi yang berbeda, tapi dapat juga sama. Namun, bila Anda menemukan informasi yang berbeda dengan sumber yang sama, maka hal itu dikarenakan adanya perbedaan sudut berita.

Jadi, news angle akan membedakan isi informasi antara satu media dengan media lainnya. Peristiwanya sama, namun alasannya ialah perbedaan news angle, konten dan pesan beritanya akan berbeda.

Contoh kasus: Kudeta Turki.
  • Media yang pro-kudeta akan berusaha mencari kelemahan pemerintah Turki dan menggiring opini publik biar membenarkan perebutan kekuasaan tersebut. Bahkan, sehabis perebutan kekuasaan dinyatakan gagal, maka media pro-kudeta akan menentukan informasi wacana "balas dendam" pemerintah Turki kepada pelaku kudeta.
  • Media yang pro-pemerintah Turki akan membongkar semua kejahatan pelaku perebutan kekuasaan dan dalangnya, seraya memuji dan mengekspos keberhasilan pemerintahan Turki selama ini.

Penentu Angle Berita 


Wartawan mempunyai kebebasan dalam menentukan angle berita, sesuai dengan "ideologi jurnalisme" yang dianut dan "kadar keimanan".

Namun, angle informasi lebih banyak dikendalikan, dipengaruhi, atau ditentukan oleh kebijakan redaksi (editorial policy) media daerah wartawan bekerja.

Pengertian mudah kebijakan redaksi ialah rambu-rambu administrasi media wacana informasi yang boleh dan dihentikan dipublikasikan.

Media pro-pemerintah akan mencari angle yang menaikkan gambaran pemerintah. Media oposisi akan mencari sisi negatif yang cenderung menjatuhkan gambaran rezim.

Penulisan Judul dan Lead 


Angle informasi menentukan judul dan teras berita. Judul biasanya merupakan ringkasan lead dan lead merupakan ringkasan badan atau isi berita.

Cara gampang menulis judul dan teras informasi ialah memakai unsur 5W+1H
  • Who (Siapa)
  • What (Apa)
  • Where (Di Mana)
  • When (Kapan)
  • Why (Mengapa) 
  • How (Bagaimana) 
Unsur 5W paling sering diletakkan dalam lead berita.Unsur Who & What paling sering muncul di judul.

Misalnya:
  • Judul: Polisi Tangkap Pencuri. Polisi = Who. Tangkap Pencuri = What.
  • Lead: Polisi menangkap pencuri di pasar Selasa (27/7/2016) dengan derma warga. Polisi = Who. Menangkap Pencuri = What. Di Pasar = Where. Selasa (27/7/2016) = When. Dengan Bantuan Warga  = How. Unsur "Why" tidak ada alasannya ialah sudah terang kenapa pencuri ditangkap --karena mencuri atau melaksanakan tindak pidana pencurian.
Dalam konteks Angle Berita, dalam pola informasi di atas, angle beritanya ialah "keberhasilan polisi menangkap pencuri".

Jika news angle-nya diubah, menjadi partisipasi warga, maka judul dan lead-nya juga akan berubah menjadi:
  • Judul: Warga Bantu Polisi Tangkap Pencuri
  • Lead: Sejumlah warga membantu polisi untuk menangkap pencuri di pasar, Selasa (27/7/2016).
Mari kita ubah lagi. Jika angle beritanya "pencuri tertangkap", maka judul dan terasnya akan menyerupai ini:
  • Judul: Pencuri Ditangkap Polisi di Pasar
  • Teras: Seorang pencuri berinisial A ditangkap polisi di pasar dengan derma warga, Selasa (27/7/2016).
Lebih jauh, jika news angle-nya fokus pada proses penangkapan, contohnya polisi melaksanakan tembakan peringatan, maka judul dan leadnya:
  • Judul: Diwarnai Tembakan Peringatan, Polisi Tangkap Pencuri
  • Lead: Tembakan peringatan mewarnai penangkapan pencuri di pasar oleh seorang polisi yang dibantu warga, Selasa (27/7/2016).
Contoh-contoh informasi di atas kiranya cukup menjelaskan pengertian dan fungsi Angle Berita dan pengaruhnya terhadap penulisan judul dan lead berita.

Baca juga: Cara Menulis Berita: 5W+1H plus Piramida Terbalik. Wasalam. ().*

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel