Blog Sebagai Media Dakwah Dan Bisnis

Memanfaatkan Media Blog untuk Dakwah dan Bisnis Online Blog sebagai Media Dakwah dan Bisnis

Memanfaatkan Media Blog untuk Dakwah dan Bisnis Online.

SEBUAH pesantren modern mengundang saya untuk jadi pembicara dalam Stadium General bagi santri tingkat akhir. Tema atau materinya diserahkan sepenuhnya kepada saya.

Karena audiensnya "santri modern", maka saya pun memilih topiknya yang "modern" juga alias kekinian, yakni media online, dalam hal ini blogging sebagai media dakwah dan bisnis.

Posting ini ialah "draft" bahan yang akan saya sampaikan di sana selesai pekan ini (7/5/2016). Saya akan mengajak para santri atau alumni pesantren aktif ngeblog untuk dakwah dan bisnis, untuk darul abadi sekaligus dunia. Amin...!

Pengertian Blogging

Blogging ialah acara ngeblog, yakni menciptakan sebuah halaman (page) berupa situs pribadi (personal website) di internet.

Tempat blogging banyak. Terpopuler Blogger dan WordPress. Dua-duanya gratis. Cara membuatnya mudah, semudah menciptakan akun email atau akun Facebook.

Awalnya, blog --singkatan dari Website Log atau Weblog-- ialah halaman pribadi di internet berisi link atau tautan tulisan/berita ke situs lain. Blog menjadi semacam catatan harian online (online diary).

Saat ini ada ratusan juta blog di dunia. Jumlah blog di seluruh dunia dikala ini diperkirakan mencapai 200 juta blog lebih. Menurut Statista, tahun 2011 saja jumlah blog mencapai 173 juta.


Setiap hari ada jutaan goresan pena atau posting gres di blog. Jumlah posting blog per hari bisa disimak secara live (real time) di Blogging Statistics WorldMeters.

Saat saya menulis posting ini, Selasa 3 Mei 2016 Pkl. 23.00 WIB, statistik menawarkan ada 4,1 juta lebih posting gres yang dipublish blogger di seluruh dunia.

Fungsi Blog

Blog juga masuk dalam kategori media sosial, yakni media interaksi dan berbagi, juga membangun jaringan dan pertemanan.

Saat ini, blog sama dengan website pada umumnya. Ia bisa menjadi situs pribadi, CV Online, daerah menyebarkan wawasan dan curhat, jadi media kampanye, serta media dakwah dan lahan bisnis --toko online, promosi online, outlet online, atau online store.

Sedikitnya ada 20 keutamaan (fadilah dan faidah) blog sebagaimana sudah saya tulis di 20 Manfaat Blog, mulai dari ekspresi diri, mengasah keterampilan menulis, hingga membangun jaringan pertemanan dan bisnis.

Saya akan mengajak para santri untuk menjadi mujahid dakwah di dunia maya --menjadi jundullah pembela Islam dan kaum Muslim di dunia siber--  sekaligus menjadi blogpreneur atau onlinepreneur. Insya Allah. Amin...!


Media Dakwah

Blog bisa dimanfaatkan sebagai media dakwah. Saat ini berbagai blog Islam --blog berisi posting seputar problem keislaman. Jadilah blog sebagai media dakwah.

Blog dakwah yang dibentuk santri, lulusan pesantren, atau ustadz, tentu akan lebih kredibel atau sanggup mengemban amanah dan dipertanggungjawabkan. Secara, mereka memang ahlinya (ahli ilmu agama).

User internet lebih sering menemukan informasi di blog daripada situs berita. Pengguna internet bahkan banyak yang tidak sadar alias ngeh bahwa yang halaman yang sedang dibuka dan dibacanya ialah sebuah blog pribadi dan "gratisan".

Itulah kekuatan blog di mesin pencari, khususnya Google. Apalagi blog blogger/blogspot, lebih diutamakan oleh Google alasannya ialah Blogger memang milik Google.

Internet menjadi sumber informasi utama dikala ini. Orang ingin tahu apa saja, mencari apa saja, lewat internet atau Google. Sebuah survei menunjukkan, kebanyakan orang membuka internet untuk mendapat informasi, bahkan sebelum belanja ke pasar atau mall.

Sebuah hasil survei menawarkan secara umum dikuasai (94%) orang mengandalkan internet sebagai sumber informasi. TV dan media umum ada di posisi dua (82%) dan tiga (81%).

Memanfaatkan Media Blog untuk Dakwah dan Bisnis Online Blog sebagai Media Dakwah dan Bisnis


Citra Islam yang "babak-belur" di internet akan menjadi gambaran Islam di masyarakat dunia. Inilah tantangan para santri, ustadz, dan/atau ulama untuk menawarkan Islam bergotong-royong di internet --dengan blogging.

Butuh Skill Menulis dan Blogging

Untuk menyebabkan blog sebagai media dakwah efektif, diharapkan keterampilan menulis (writing skills). Kalau "mentok" di bidang tulis-menulis, posting blog bisa berupa video-audio --blogger menciptakan video ceramah atau komunikasi lisan.

Konten blog itu multimedia, sebagaimana konten website pada umumnya. Bisa berupa goresan pena (teks), gambar (foto/grafis), audio, video, dan animasi (gambar bergerak).

Menulis itu mudah. Syaratna cuma satu: NIAT. Ada niat, ada jalan. When there is a will there is a way. Siapa sungguh-sungguh, niscaya bisa atau dapat. Man jadda wajada. 

So, just... go blogging! Create a blog NOW!

Blog sebagai Media Bisnis Online

Memanfaatkan Media Blog untuk Dakwah dan Bisnis Online Blog sebagai Media Dakwah dan Bisnis
Saat ini, blogging is business. Ngeblog bisa menghasilkan uang. Banyak sekali tisp menghasilkan uang dari blog, terutama dengan agenda Google AdSense, toko online, dan bisnis afiliasi (affiliate marketing).

Blog bisa "disulap" menjadi toko online, juga promosi jasa/produk.

Anda punya keahlian servis apa saja, bisa dipromosikan di blog, plus pertolongan media umum --Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, Linkedin, dll.

Kita bisa menjadi BLOGPRENEUR atau wirausahawan blog --menghasilkan uang dengan blog. Kita bisa menjadi ONLINEPRENEUR atau wirausahawan online --menghasilkan uang di internet.

Modal utamanya ialah sebuah blog dan keterampilan mengisi blog itu dengan konten berkualitas --tulisan atau posting apa saja yang orisinal, karya sendiri, unik, menarik, dan bermanfaat --dicari dan diharapkan orang.

Banyak blogger bisa menghasilkan uang mulai dari 1-2 jutaan hingga ratusan juta rupiah per bulan. Contoh blogger yang sukses Make Money Blogging bisa disimak di The Richest.

Kunci sukses bisnis online ialah banyaknya pengunjung blog. Untuk mendatangkan pengunjung yang banyak (trafik), maka konten blog harus berkualitas --orisinal, karya sendiri, unik, menarik, dan bermanfaat atau dicari dan diharapkan orang.

Demikian "draft" atau pokok bahan Blogging untuk Dakwah dan Bisnis. Jika waktu mencukupi, saya akan berikan "materi ekstra" blogging for dakwah and business dengan praktik pribadi plus Teknik SEO-nya. Insya Allah. Wasalam. ().*

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel