Kamus Istilah-Istilah Dalam Blogging Lengkap Dengan Artinya

Kamus istilah penting dalam blogging lengkap dengan artinya – Menjadi blogger pemula tentu sangat gila dengan beberapa istilah penting dalam blogging yang sangat sering muncul didunia internet. Saya pada awal mengenal blog sangat kebingungan dengan banyak sekali istilah blogging yang bikin kepala tambah pusing alasannya yaitu cukup gila dan gres pertama kali mendengar.


Nah untuk membantu para blogger pemula atau newbi. kali ini saya akan mengembangkan warta perihal dunia blogging dengan istilah istilah terkenal lengkap dalam blog dan artinya biar gampang dipahami dan menjadi obat penawar pusing untuk teman Pena Indigo.


Admin berharap buat yang gres berguru blog jangan pernah frustasi sebelum mencapai harapan yang diinginkan (sumber penghasilan atau popularitas). Karena menuju kesuksesan butuh usaha dan harus menuntaskan segala rintangan yang ada.


Tetap Belajar dan Pantang Menyerah, Admin Pena Indigo siap membantu teman semua yang ingin konsultasi mengenai dunia internet lebih khususnya blogging.


Kamus istilah penting dalam blogging lengkap dengan artinya Kamus Istilah-istilah dalam Blogging Lengkap dengan Artinya


Daftar Istilah Penting dalam Blog dan Artinya


Berikut beberapa istilah yang cukup terkenal dan cukup untuk mewakili pengetahuan dalam dunia blogging sobat.



Internet Marketing : Pengertian Internet Marketing yaitu segala upaya yang dilakukan untuk melaksanakan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau memakai media elektronik atau Internet.


Website yaitu suatu situs unik dan mempunyai satu nama domain dan mungkin mempunyai sub domain yang terdiri dari page atau halaman halaman.


Blog yaitu suatu web yang bersifat warta dan edukatif yang konten didalamnya diupdate rutin mengenai segala warta yang bekerjasama dengan tujuan atau niche blog tersebut.


Blogger : Sebutan bagi seseorang yang menulis di blog mereka.


Blogging : Kegiatan – acara yang dilakukan dalam dunia Blog


Domain yaitu nama yang dipakai untuk alamat website, Contoh: penaindigo.com


Website yaitu daerah untuk menyimpan file-file website (artikel, gambar, video, dll)


Traffic yaitu orang – orang yang mengunjungi blog kita atau yang biasa disebut dengan Pengunjung.


Backlink : Sebuah link yang terdapat pada blog lain yang menuju ke Blog kita.


Template : Suatu teladan atau desain pada suatu Blog. Template ini berfungsi untuk mengatur tampilan blog.


Postingan : Suatu acara oleh seorang Blogger untuk mengirimkan Artikel ke dalam Blognya.


SEO : Search Engine Optimization atau yang sering disebut SEO yaitu sebuah usaha untuk mengoptimalkan sebuah situs biar gampang ditemukan/terindex oleh Mesin pencari menyerupai Google.


Black Hat SEO : Suatu teknik yang dipergunakan oleh seorang webmaster untuk mengoptimasi web atau blog mereka dengan cara ilegal yang melanggar peraturan (TOS) yang ditetapkan mesin pencari (search engine) menyerupai Google.


White Hat SEO : Suatu teknik yang dipergunakan oleh seorang webmaster untuk mengoptimasi web atau blog mereka dengan cara legal dan tidak melanggar peraturan (TOS) yang ditetapkan oleh search engine.


Keyword : Secara singkat, Keyword yaitu Kata kunci. Yang merupakan kata/frasa yang diinput seseorang di mesin pencari (search engine). Contohnya, Anda mengetik di Google dengan memakai kata kunci “cara membuat bakso atau cara membuat blog“.


Home Page : Halaman utama/awal pada suatu web.


URL : Merupakan singkatan dari Uniform Resource Locator, rangkaian abjad berdasarkan format dan standar tertentu, yang dipakai untuk memperlihatkan alamat link tertentu. Contoh: http://www.penaindigo.com/


Niche Blog : Suatu kata/frase untunk topik atau subjek bahasan tertentu yang terfokus dan diminati oleh kalangan tertentu.


Dummy Blog : Merupakan situs atau blog yang bertujuan hanya untuk memperoleh backlink untuk blog utama.


HTML : Hyper Text Markup Language atau yang disingkat HTML ini yaitu bahasa yang dipakai untuk membuat sebuah halaman web.


JavaScript : JavaScript yaitu bahasa pemrograman yang khusus untuk halaman web biar halaman web terlihat lebih hidup.




Ping : merupakan singkatan dari Packet Internet Gopher, yaitu sebuah tool jaringan komputer yang dipakai untuk menguji apakah sebuah komputer atau hosting sanggup dibuka di internet. Dalam dunia blogger, ping merupakan tindakan mengirimkan pesan jaringan ke suatu server untuk menginformasikan bahwa blog kita telah di update.




Alexa Rank : Sebuah peringkat website yang dibentuk oleh situs Alexa.com. Alexa Rank menampilkan peringkat website berdasarkan trafik pengguna internet yang memasang Toolbar Alexa pada browser mereka. Bila nilai angka pada Alexa Rank blog kita semakin kecil, maka akan semakin bagus.



SERP : Merupakan abreviasi dari Search Engine Result Page yang merupakan hasil pencarian terhadap mesin pencari (search engine). Misalnya Anda sedang melaksanakan pencarian di Google dengan memakai kata kunci yang Anda cari, kemudian akan muncul 10 hasil pencarian sesuai dengan kata kunci Anda tadi. Nah, Itulah yang dimaksud dengan SERP.


Social Bookmarking : Suatu web untuk menyimpan, mengelola, dan mengembangkan alamat situs yang dianggap favorite.


Social Network :Layanan web yang menyediakan kumpulan cara yang bermacam-macam untuk mempermudah pengguna (user) untuk berinteraksi, menyerupai chat, email, video, blog dan Lain – lain.


Social Media : Sebuah media online, dengan para penggunanya sanggup dengan gampang berpartisipasi, mengembangkan dan membuat isi mencakup blog, jejaring sosial, wiki, lembaga dan dunia virtual.


Blogroll : Merupakan fitur dari Blogger yang menampilkan Link – link tertentu sesuai yang mereka tambahkan. Fitur ini biasanya dipakai untuk Tukeran link sesama blogger.


Blogosphere : Istilah yang dipergunakan untuk menjelaskan dunia yang diciptakan oleh jaringan Blog.



Komentar

Tempat yang dikhususkan untuk para pengunjung untuk memperlihatkan komentar pada suatu postingan, sanggup berupa saran, kritik, dan diskusi.



Komentar SPAM

Komentar yang ditulis semata-mata hanya untuk promosi atau memperoleh backlink dan komentar yang ditulis tidak bersangkutan dengan Postingan yang dibahas.



Anchor Text

Sebuah teks yang berisi link didalamnya, Misal : Pena Indigo, yang nantinya didalam goresan pena Pena Indigo Terdapat Link.



Laman

Hampir sama dengan Postingan, tapi goresan pena yang diketik di Laman, nantinya akan muncul tersendiri menjadi sajian pada halaman Blog Contoh : About Me.



Tata letak

Tata letak merupakan bab dalam Blogger. Pada bab ini berfungsi untuk menambahkan, menghapus atau mengatur letak Gadget/Widget dalam Blog.



Header

Bagian paling atas halaman blog. Ini biasa dipakai untuk Menempatkan Judul atau Logo Blog dan Deskripsi Blog .



Sidebar

Kolom-kolom yang terdapat disisi blog (kanan atau kiri). Biasanya dipakai untuk meletakkan Gadget/Widget tertentu.



Footer

Bagian paling bawah halaman blog.



Gadget

Kumpulan elemen atau fitur-fitur (gratis) yang sudah disediakan oleh Pihak Blogger.



Label

Label yaitu sebuah kategori untuk mengelompokkan artikel (postingan) yang bekerjasama yang telah terdapat di Blogger. Tujuan menampilkan label ini biar mempermudah pengunjung untuk menemukan Artikel yang sedang dicari.



Arsip

Merupakan gadget Blogger yang berfungsi untuk menampilkan terbaru berdasarkan hari, tanggal, bulan maupun tahun.



Favicon

Favicon merupakan singkatan dari Favorite Icon yaitu sebuah ikon yang ditampilkan dengan logo sebuah web atau blog yang ditampilkan pada Address bar.



Followers

Gadget dari Blogger untuk mengikuti suatu blog.



CSS

CSS atau Cascading Style Sheet yaitu salah satu bahasa pemrograman web untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam.



 jQuery

Merupakan sebuah library JavaScript yang sangat ringkas dan sangat sederhana untuk memanipulasi komponen di dokumen HTML.



Feed

Feed sering disebut juga dengan Feed Web atau Feed News, yaitu format data yang dipakai pada pengguna internet untuk berlangganan pada postingan suatu blog.



RSS

Merupakan singkatan dari Really Simple Syndication, yaitu format yang dipakai untuk mengirimkan warta dari sebuah web atau blog yang di update secara berkala.



XML

Merupakan singkatan dari eXtebsible Markup Language, yaitu sebuah format teks sederhana yang diturunkan dari SGML, dan dipakai untuk memudahkan sindikasi warta dengan memakai teknologi RSS.



Atom

Atom yaitu sebuah format indikasi feed yang dikembangkan sebagai alternatif RSS. Atom memungkinkan seseorang mendapat update artikel dari sebuah web atau blog.



Plug-In

Sebuah modul jadwal komputer atau alat yang berinteraksi dengan yang lain untuk menambahkan fungsi komplemen yang spesifik, atau mendukung format file yang spesifik.



Subscriber

Pengunjung yang berlangganan kepada suatu web atau blog, sanggup melalui RSS Feed, Email ataupun Atom.


Bagaimana teman Blogger? banyak banget bukan istilah dalam blog. istilah-istilah diatas belum semuanya terbahas pada postingan ini, namun dengan istilah diatas dirasa cukup sebagai pengetahuan awal. dan istilah lainnya nanti menyusul sesuai perkembangan teman dalam berguru blog.


Demikian warta perihal Istilah Penting dalam Blog Untuk Pemula semoga sanggup bermanfaat, tetap semangat blogging dan mencari pengetahuan sebanyak mungkin biar bermanfaat untuk diri sendiri, orang disekitar kita bahkan hingga bermanfaat kepada orang banyak.


Jika ingin bertanya lebih lanjut silahkan kirim pesan melalui kontak. Salam Sukses


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel