Cara Menciptakan Daftar Isi Di Blog Wordpress Dengan Mudah

Daftar isi atau sitemap blog ialah halaman yang menampilkan daftar seluruh postingan atau artikel blog sesuai dengan kategori yang ada, baik artikel terbaru maupun artikel lama. Dengan tujuan memudahkan pengunjung mencari artikel yang diinginkan secara cepat dan mudah.


Dengan adanya daftar isi ini maka jumlah page view halaman akan meningkat dan tentu ini sangat baik untuk SEO dan kemajuan blog wordpress kedepannya. Karena pengunjung sanggup membaca seluruh artikel bukan hanya artikel terbaru saja.


Pada tutorial kai ini saya akan membagikan tutorial cara menciptakan daftar isi pada blog wordpress baik gratisan atau yang sudah punya hosting sendiri (self-hosted). Karena untuk blog platform blogger atau blogspot sudah pernah saya buatkan tutorialnya silahkan (Baca: Cara Membuat Sitemap SEO Keren di Blogspot).


Menurut saya pribadi, mengelola blog wordpress sangat gampang dibandingkan dengan blogspot. Karena banyak sekali plugin gratis yang sanggup diinstal dan dipasang dengan mudah. Anda tinggal klik dan melaksanakan setting kemudian selesai tanpa harus edit html terlebih dahulu.


Cara Memasang Daftar Isi di Blog WordPress Gratis


Cara membedakan wordpress gratis dan berbayar sangatlah mudah, wordpress gratis daftarnya melalui wordpress.com sedangkan selft hosting daftarnya melalui wordpress.org.



  1. Silahkan masuk pada blog wordpress Anda.

  2. Lalu pada bab Dashboard silahkan pilih Page kemudian pilih Add New Page.

  3. Selanjutnya isi judul dengan Daftar isi atau Sitemap, kemudian pilih bab HTML kemudian ketikkan [archives].

  4. Terakhir klik Publish dan lihat hasilnya, maka akan muncul semua arsip blog anda.


Cara Memasang Daftar Isi Pada Blog WordPress Self Hosting


Jika anda memakai wordpress selft hosted maka akan dimanjakan dengan banyak sekali plugin gratis maupun berbayar yang sangat gampang digunakan. Anda tinggal instal plugin dan melaksanakan pengaturan sederhana.


Untuk menciptakan daftar isi di blog wordpress anda sanggup memakai plugin WP Sitemap Page, plugin ini akan membantu menampilkan daftar isi yang anda inginkan. Untuk lebih jelasnya ikuti petunjuk berikut ini:



  1. Instal pluginnya terlebih dahulu, silahkan masuk menu Plugins >> Add New. Kemudian lakukan pencarian dengan mengetikkan WP Sitemap Page, jikalau sudah muncul silahkan instal dan aktifkan plugin tersebut.

  2. Jika sudah berhasil instal pluginnya, kini waktunya memasang di blog yaitu dengan cara masuk sajian Pages >> Add New

  3. Jika sudah terbuka, silahkan isi judul dengan Daftae Isi atau Sitemap, kemudian ketikkan shortcode berikut [wp_+sitemap_page only=”post”] (silahkan hapus tanda + merah) pada halaman artikel. kurang lebihnya menyerupai gambar berikut:Daftar isi atau sitemap blog ialah halaman yang menampilkan daftar seluruh postingan atau Cara Membuat Daftar Isi di Blog WordPress dengan Mudah

  4. Jika sudah selesai jangan lupa klik tombol Publish untuk menyimpan.

  5. Selesai dan silahkan lihat hasilnya.Daftar isi atau sitemap blog ialah halaman yang menampilkan daftar seluruh postingan atau Cara Membuat Daftar Isi di Blog WordPress dengan Mudah


Beikut beberapa shortcode untuk menampilkan sitemap dari plugin WP Sitemap Page:



  1. [wp_sitemap+_page only=”post”] = hanya menampilkan post menurut categori

  2. [wp_sitemap+_page only=”page”] = menampilakan page saja

  3. [wp_sitemap+_page only=”category”] = hanya daftar kategori yang terlihat

  4. [wp_sitemap+_page only=”tag”] = menampilkan daftar tag

  5. [wp_sitemap+_page only=”archive”] = menampilkan seluruh arsip

  6. [wp_sitemap+_page only=”author”] = menampilkan author saja

  7. [wp_sitemap+_page only=”project”] = hanya halaman project saja

  8. [wp_sitemap+_page only=”gallery”] = daftar galery saja

  9. [wp_sitemap+_page] = menampilkan page beserta seluruh artikel blog menurut kategori.


Keterangan: untuk memasang di blog silahkan hapus tanda + sehabis goresan pena sitemap.


Selain cara diatas, anda juga sanggup melaksanakan cara manual untuk menciptakan sebuah daftar isi. Yang menampilkan daftar kategori yang sanggup dipilih oleh pengunjung. Seperti halnya sitemap blog Pena Indigo berikut ini (lihat: Daftar Isi)


Baca juga: Cara Membuat Artikel Rata Kanan Kiri di WordPress


Demikian cara paling gampang dan cepat yang sanggup anda lakukan untuk menciptakan daftar isi di blog wordpress. Semoga blog yang dikelola sanggup terus berkembang dan bermanfaat untuk semua orang. Selamat mencoba dan salam sukses.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel