Cara Menciptakan Tabel Di Microsoft Word Dengan Cepat

Membuat tabel di microsoft word bukanlah hal yang sulit, baik anda pengguna office 2007, 2010, 2013 atau office 2016 semuanya dapat dilakukan dengan gampang dan cepat. Karena pada tutorial kali ini saya akan membahas secara lengkap perihal cara menciptakan tabel sederhana hingga yang rumit.


Seperti yang diketahui bersama tabel ialah sebuah daftar yang memakai baris dan kolom dengan tujuan untuk memudahkan dalam memperlihatkan isu secara ringkas, juga mempermudah pembaca untuk memahami bacaan atau isu yang disampaikan.


Tabel ini sudah tidak aneh lagi dalam dunia pendidikan atau penelitian, bahkan ada beberapa guru, dosen atau instansi yang lebih menentukan memakai tabel untuk menjelaskan penelitian atau kiprah dalam menciptakan sebuah kesimpulan.


Nah, tutorial kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menciptakan tabel mulai dari nol hingga edit dan terlihat keren (baca: tidak berantakan). Makara silahkan simak dengan teliti langkah-langkah dibawah ini hingga dengan selesai.


Cara Praktis Membuat Tabel di Microsoft Word


Pada tutorial ini saya memakai microsoft office 2013, buat anda yang memakai selain office 2013 silahkan menyesuaikan, alasannya saya yakin posisi menunya hampir sama.



  1. Silahkan buka halaman kerja Ms. Word anda.

  2. Kemudian pilih sajian INSERT kemudian pilih Table. Silahkan gerakkan kursor untuk menentukan jumlah kolom yang diinginkan.Membuat tabel di microsoft word bukanlah hal yang sulit Cara Membuat Tabel di Microsoft Word dengan Cepat

  3. Selesai anda tinggal mengisi kolom yang ada.


Dari teladan gambar diatas, saya menciptakan tabel 5×4 yaitu 5 kolom dan 4 baris. Silahkan anda sesuaikan dengan keperluan.


Cara Edit Tabel pada Ms. Word biar Rapi


Jika sudah berhasil menciptakan tabel, kini waktunya modifikasi atau edit biar tampilan kolom rapi sesuai dengan isi disetiap kolom. Maksut dari edit disini ialah mengatur jarak, memberni warna, menambah atau mengurangi kolommaupun baris juga mengatur posisi tulisan.


Jadi tabel yang dibentuk nanti dapat diedit sesuai dengan imajinasi sahabat Pena Indigo, saran saya mulailah mencoba dan jangan takut salah.


Cara Mengatur Jarak Kolom Pada Tabel


Pada awal menciptakan tabel, tentu jarak kolom akan sama baik ke samping maupun kebawah. Untuk mengubahnya biar tabel yang kita buat menarik tentu diatur sesuai kebutuhan.



  1. Silahkan menciptakan tabel terlebih dahulu.

  2. Kemudian arahkan kursor pada garis kolom yang ingin dikecilkan atau dibesarkan ukuran kolomnya, hingga muncul 2 garis dengan tanpa panah ke samping kanan dan kiri. Perhatikan gambar berikut ini.Membuat tabel di microsoft word bukanlah hal yang sulit Cara Membuat Tabel di Microsoft Word dengan Cepat

  3. Selesai, silahkan atur sesuai keinginan.


Cara Memberi Warna Background Pada Tabel



  1. Silahkan menciptakan tabel terlebih dahulu.

  2. Lalu block (pilih) kolom yang ingin dikasih warna. Kemudian pilih sajian DESIGN >> Shading >> pilih warna yang diinginkan.Membuat tabel di microsoft word bukanlah hal yang sulit Cara Membuat Tabel di Microsoft Word dengan Cepat

  3. Selesai.


 


Cara Mengatur Posisi Tulisan Pada Tabel


Untuk pembahasan mengatur posisi goresan pena pada tabel sudah pernah saya buatkan tutorialnya secara terang (silahkan baca: Cara Mengatur Posisi Tulisan Pada Tabel Ms. Word). atau simak klarifikasi singkat dibawah ini.



  1. Silahkan block goresan pena yang ingin diatur posisinya.

  2. Kemudian pilih sajian LAYOUT >> pada alignment silahkan pilih perataan yang diinginkan, sebagai teladan saya menentukan posisi goresan pena sempurna ditengah-tengah kolom (align center).Membuat tabel di microsoft word bukanlah hal yang sulit Cara Membuat Tabel di Microsoft Word dengan Cepat

  3. Selesai.


Cara Mengatur Tinggi Kolom Pada Tabel Ms. Word



  1. Block semua tabel dengan cara klik kotak kecil pada bab samping kiri atas tabel. Membuat tabel di microsoft word bukanlah hal yang sulit Cara Membuat Tabel di Microsoft Word dengan Cepat

  2. Kemudian pilih sajian Layout >> kemudian sesuaikan Height pada kolom Cell Size. Silahkan sesuaikan dengan impian anda dapat 0,7 cm, 0,8 atau juga dapat 1 cm (menyesuaikan kebutuhan).Membuat tabel di microsoft word bukanlah hal yang sulit Cara Membuat Tabel di Microsoft Word dengan Cepat


Baca juga: Cara Mengatur Ukuran Kertas Folio/HVS/F4 di Ms Word


Demikian tutorial perihal menciptakan tabel di ms word beserta cara mengatur kolom maupun baris biar terlihat rapi dan keren.


Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan pesan melalui kolom komentar yang sudah tersedia.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel