Cara Mengetahui Kapasitas Harddisk Dan Ram Pada Pc/Laptop

Mengetahui kapasitas harddisk dan ram komputer atau laptop sangatlah penting, apalagi disaat ingin membeli komputer bekas semoga tidak kecewa dikemudian hari. Cek kapasitas atau ukuran harddisk dan ram ini bertujuan untuk mengetahui media penyimpanan dan kecepatan kanal komputer sebagai penunjang kebutuhan.


Perlu diketahui Harddisk ialah media untuk penyimpanan data pada komputer secara permanen menyerupai sistem operasi, file, musik, video, gambar, dll. Sedangkan RAM ialah media penyimpanan data sementara. Harddisk memeiliki peranan penting dalam urusan penyimpanan, pasalnya kalau kapasitas terlalu kecil maka kita tidak sanggup leluasa menyimpan file, apalagi kalau kita suka koleksi game dan video dengan ukuran yang tidak sedikit. Sedangkan RAM sebagai penunjang kanal komputer semoga lebih cepat dan tidak lelet/lemot.


Lalu berapakah kapasitas Harddisk dan RAM komputer? Kapasitas harddisk komputer minimal 80 GB, ada yang 120 GB, 250 GB, 320 GB, 500 GB, 1 TB dan seterusnya. Lalu berapakah ideal kapasitas harddisk? aku sarankan minimal ukuran 320 GB, ukuran tersebut sudah tidak mengecewakan banyak untuk menyimpan file, namun untuk produk laptop terbaru biasanya minimal 500 GB.


Sedangkan ukuran RAM ialah mulai dari 1 GB, 2 GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB dan seterusnya. Agar komputer atau laptop tidak lambat silahkan pilih kapasitas ram minimal 2 GB.


Cara Mengetahui Kapasitas Harddisk Komputer atau Laptop



  1. Silahkan masuk pada Windows Explorer

  2. Kemudian pilih Computer (windows 7) dan This PC (untuk windows 8 dan 10)


  3. Maka akan muncul keretangan hard disk drives beserta kapasitasnya menyerupai gambar berikut:
    Mengetahui kapasitas harddisk dan ram komputer atau laptop sangatlah penting Cara Mengetahui Kapasitas Harddisk dan RAM pada PC/Laptop

    Tampilan pada windows 7


    Mengetahui kapasitas harddisk dan ram komputer atau laptop sangatlah penting Cara Mengetahui Kapasitas Harddisk dan RAM pada PC/Laptop

    Tampilan windows 8 dan 10


  4. Selesai.


Catatan:


Keterangan gambar pada windows 7 kapasitas harddisk 320 GB terbagi dari 2 partisi, sedangkan pada windows 10 juga dengan kapasitas 320 GB yang terbagi dengan 3 partisi (C,D dan E)


Baca juga: Cara Praktis Cek Spesifikasi Laptop atau Komputer


Cara Cek Kapasitas RAM Komputer PC atau Laptop


Untuk mengetahui ukuran RAM ayng dipakai pada komputer atau laptop, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:



  1. Sama menyerupai tutorial diatas, Silahkan masuk pada Windows Explorer  >> kemudian pilih Computer kemudian klik kanan dan pilih Properties.Mengetahui kapasitas harddisk dan ram komputer atau laptop sangatlah penting Cara Mengetahui Kapasitas Harddisk dan RAM pada PC/Laptop

  2. Maka akan terbuka halaman keterangan sistem. Silahkan lihat pada Installed memory (RAM).Mengetahui kapasitas harddisk dan ram komputer atau laptop sangatlah penting Cara Mengetahui Kapasitas Harddisk dan RAM pada PC/Laptop

  3. Selesai.


Catatan:


Dari keterangan gambar diatas, RAM pada komputer dengan kapasitas 2 GB.


Demikian tutorial untuk mengetahui kapasitas harddisk dan ram yang dipakai pada pc maupun laptop. Semoga sanggup bermanfaat dan menambah pengetahuan.


Jika ada pertanyaan seputar harddisk dan RAM, silahkan bertanya melalui kolom komentar. Terima kasih


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel