Cara Menciptakan Bootable Flashdisk Untuk Instal Windows 7, 8 Dan 10

Bootable Windows ialah layanan proses awal menghidupkan komputer atau laptop, sebagai referensi jikalau anda menginstal windows di harddisk maka untuk menghidupkan komputer anda harus menggunakan harddisk sebagai bootable semoga dapat mengakses sistem operasi windows. Nah jikalau ingin instal ulang windows maka dibutuhkan bootable software windows dapat menentukan versi windows 7, 8 atau 10.


Alat yang dapat dipakai untuk bootable instal ulang windows ada 2 macam yaitu DVD dan USB Drive (bisa flashdisk atau harddisk eksternal). Terus mana yang paling mudah? semuanya mudah, namun ada kelebihan dan kekurangan masing-masing.


Jika menggunakan DVD maka dibutuhkan DVD drive untuk memutar DVD tersebut dan tidak dapat diganti dengan versi windows yang lain, namun jikalau menentukan flashdisk maka lebih fleksibel dapat dihapus dan diganti dengan versi windows yang lain dan tidak membutuhkan alat santunan lainnya, tinggal masukkan pada USB yang tersedia pada komputer atau laptop.


Baca juga: Cara Praktis Cek Spesifikasi Laptop atau Komputer


Pada postingan kali ini saya akan memperlihatkan tutorial menciptakan bootable flashdisk dengan gampang dan cepat menggunakan santunan aplikasi gratis yang dapat diunduh melalui internet. Yaitu menggunakan aplikasi power iso dan rufus yang sudah populer dikalangan teknisi komputer atau laptop.


Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7, 8 dan 10


Tutorial pada postingan kali ini dapat dipakai untuk semua versi windows baik windows 7, 8, 8.1 dan windows 10. Sebelum tutorial ini saya publikasikan sudah saya uji coba terlebih dahulu dan jadinya berhasil 100%. Saya sudah mencoba menciptakan bootable untuk windows 7 dan windows 10 alasannya kebetulan laptop saya pakai windows 10 terbaru dan perangkat komputer menggunakan windows 7.


Yang perlu disiapkan ialah file windows dengan format iso dan flashdisk dengan kapasitas minimal 4 GB alasannya kebanyakan windows dengan size hampir 3 GB bahkan lebih. Sehingga diharapkan flashdisk minimal 4 GB kalau lebih dari ini malahan lebih baik.


Flashdisk yang sudah dibentuk bootable windows juga dapat dipakai untuk menyimpan file atau dokument lainnya tanpa mempengaruhi fungsi dari bootable windows tersebut.


Cara Membuat Bootable Flashdisk dengan Power ISO


Power ISO merupakan aplikasi multi fungsi untuk membaca file jenis ISO, menciptakan bootable flashdisk, menciptakan bootable DVD, copy CD/DVD, dll. Dengan aplikasi power iso ini anda dapat menciptakan bootable untuk windows dan linux


Nah kali ini akan saya gunakan untuk menciptakan bootable flashdisk untuk instal ulang windows. Ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:



  1. Silahkan download dan instal power iso terlebih dahulu (sudah banyak yang menyediakan diinternet, silahkan unduh sendiri).

  2. Tancapkan flashdisk pada USB komputer atau laptop.

  3. Setelah terinstal silahkan buka aplikasi tersebut >> kemudian pilih sajian Tools >> Creat bootable USB driveBootable Windows ialah layanan proses awal menghidupkan komputer atau laptop Cara Membuat Bootable Flashdisk Untuk Instal Windows 7, 8 dan 10

  4. Pada kolom select source file or compact disc (silahkan pilih lokasi file windows format iso), Destination USB drive (akan deteksi flashdisk secara otomatis), Pada setting write method (pilih USB-HDD/USB-FDD), file system (Automatic).

  5. Langkah selanjutnya klik tombol Start untuk memmulai menciptakan bootable flashdisk.Bootable Windows ialah layanan proses awal menghidupkan komputer atau laptop Cara Membuat Bootable Flashdisk Untuk Instal Windows 7, 8 dan 10

  6. Tunggu hingga proses final yaitu 100% dan bootable flashdisk siap untuk digunakan.Bootable Windows ialah layanan proses awal menghidupkan komputer atau laptop Cara Membuat Bootable Flashdisk Untuk Instal Windows 7, 8 dan 10


Cara Bootable Flashdisk Windows 7, 8 dan 10 dengan Rufus



  1. Silahkan download dan instal aplikasi rufus

  2. Tancapkan flashdisk pada USB untuk bootable windows.

  3. Silahkan buka aplikasi rufus, kemudian lakukan setting sebagai berikut: Device (silahkan pilih flashdisk yang digunakan, biasanya secara otomatis terbaca), Boot selection (pilih file iso windows), partition scheme (pilih MBR), Volume label (nama flashdisk). Jika semuanya sudah di setting selanjutnya klik tombol Start untuk memulai pembuatan bootable.Bootable Windows ialah layanan proses awal menghidupkan komputer atau laptop Cara Membuat Bootable Flashdisk Untuk Instal Windows 7, 8 dan 10

  4. Akan muncul pemberitahuan, silahkan klik tombol OK.Bootable Windows ialah layanan proses awal menghidupkan komputer atau laptop Cara Membuat Bootable Flashdisk Untuk Instal Windows 7, 8 dan 10

  5. Tunggu prosesnya hingga final dan bootable flashdisk siap digunakan.


Demikian klarifikasi menciptakan bootable dengan flashdik untuk keperluan instal ualng windows untuk semua versi, pilih cara paling gampang dan cepat dalam menciptakan bootable flashdisk.


Baca juga: Cara Masuk BIOS Komputer atau Laptop Secara Lengkap


Jika ada hambatan yang belum terselesaikan, silahkan tinggalkan pesan melalui kolom komentar untuk didiskusikan bersama atau pribadi menghubungi admin melalui halaman kontak yang sudah tersedia.


Terima kasih sudah berkunjung di blog Pena Indigo dan semoga berhasil.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel