Contoh Menulis Kata Pengantar Makalah Yang Baik

Contoh Kata Pengantar Makalah – Dalam menulis karya ilmiah baik itu makalah, skripsi, tesis atau buku tentu tidak ketinggalan halaman kata pengantar yang bertujuan untuk mengucapkan rasa syukur kepada yang kuasa akan segala kenikmatan, mengucapkan rasa terima kasih kepada semua orang yang telah membantu (guru pembimbing, dosen, teman, dll) juga menjelaskan terkait tema yang ditulis dalam karya ilmiah tersebut.


Makalah yakni suatu karya ilmiah yang membahas wacana pokok problem tertentu. Makalah juga sanggup diartikan sebagai karya ilmiah akademis yang bersifat ilmiah untuk menjelaskan hal tertentu kepada publik. Publik yang dimaksud disini yakni makalah ditujukan untuk orang lain bukan untuk diri sendiri, sebagai pola makalah kuliah yang dibentuk untuk presentasi dihadapan dosen dan sahabat kuliah, juga makalah seminar yang dibentuk untuk memperlihatkan bahan pada program seminar.


Jika anda mencermati setiap karya ilmiah tentu akan menemukan kata pengantar dihalaman depan, setiap orang sanggup merangkai kata pengantar namun belum tentu dengan baik dan benar, oleh alasannya itu anda perlu rujukan untuk menciptakan kata pengantar makalah yang baik untuk mengantarkan karya ilmiah anda.


Baca Juga:



  1. Contoh Menulis Catatan Kaki yang Baik & Benar Lengkap

  2. Cara Menulis Daftar Pustaka Lengkap dengan Contohnya


Cara Menulis Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar


Berikut beberapa pola kata pengantar yang sering dipakai dalam makalah, anda sanggup menentukan sesuai yang diinginkan. Namun sebelum menciptakan kata pengantar sebaiknya anda mengetahui pokok isi yang terkandung dalam penulisan kata pengantar sebagai berikut:



  1. Paragraf pertama yakni ucapan puji syukur kepada Tuhan.

  2. Paragraf kedua diisi dengan ucapan terima kasih dan klarifikasi judul makalah.

  3. Paragraf terakhir yakni kata epilog yang didalamnya terdapat ucapan terima kasih dan mohon kritik dan saran untuk menciptakan makalah yang lebih baik.

  4. Jangan lupa menulis nama kota dan tanggal pembuatan.


Contoh Kata Pengantar Makalah


Berikut beberapa pola penulisan kata pengantar makalah, untuk tema dan judul makalah sanggup anda sesuaikan sendiri sesuai dengan kebutuhan.


Contoh Menulis Kata Pengantar Makalah 1


Puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa atas segala rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya, sehingga sanggup menuntaskan makalah wacana “Penerapan Hukum Terhadap Tindak Pidana Perkosaan Terhadap Anak di Bawah Umur” dengan baik meskipun banyak kekurangan didalamnya. Dan kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Zainuddin, SH. yang telah membimbing dan memperlihatkan kiprah ini.


Kami sangat berharap dengan adanya makalah ini sanggup bermanfaat untuk memperlihatkan edukasi supaya terhindar dari tindak pidana perkosaan yang sanggup merugikan korban dan diri sendiri. Juga sanggup mengetahui eksekusi untuk pelaku perkosaan terhadap anak di bawah umur. Namun dalam pembuatan makalah ini tentu masih banyak kekurangan. Oleh alasannya itu, kami mengharapkan kritik dan saran dari pembaca untuk perbaikan makalah kami dimasa yang akan datang.


Demikian yang sanggup kami sampaikan, semoga makalah ini sanggup bermanfaat untuk kita semua. kami yakin dalam pembuatan makalah ini masih banyak kekurangan, Saran dan kritik dari pembaca sangat kami butuhkan untuk memperbaiki makalah ini nantinya.


Semarang, September 2016


Penyusun


Contoh Menulis Kata Pengantar Makalah 2


Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya makalah yang berjudul “Dampak Negatif Seks Bebas Bagi Pelajar”. Dalam pembuatan makalah ini tentu banyak santunan dari banyak sekali pihak, maka mengucapkan banyak terima kasih kepada :



  1. Bapak Ahmad Kholil, M.Pd, selaku kepala sekolah MA Nurul Huda Kudus, yang memperlihatkan bimbingan, saran, dan inspirasi juga beberapa kemudahan yang kami butuhkan.

  2. Bapak Aznan, M. Pd, selaku guru pembimbing kami, yang memperlihatkan kritik dan saran untuk menuntaskan makalah makalah ini dengan sempurna waktu.

  3. Ibu Khotimah, M.Pd, selaku wali kelas kami, yang memperlihatkan santunan bahan dan juga bimbingan yang bermanfaat untuk penulis.


Penulis menyadari bahwa makalah ini tentu masih banyak kekurangan. Oleh alasannya itu, saran dan kritik yang membangun dari para pembaca sangat diharapkan untuk penyempurnaan makalah ini kedepannya. Terima kasih.


Kudus, September 2016


Penyusun


Contoh Menulis Kata Pengantar Makalah 3


Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memperlihatkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kami, sehingga sanggup menuntaskan makalah wacana “Hukum Sholat Jum’at”. Sholawat dan salam kami haturkan kepangkuan Nabi Agung Muhammad SAW yang telah memperlihatkan anutan Islam dan memperlihatkan tauladan yang baik untuk kita semua, semoga kita semua mendapat Syafaatul Ummahnya kelak di hari kiamat.


Penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami selama pembuatan makalah ini hingga selesai dengan sempurna waktu. Sudah niscaya makalah ini masih banyak kekurangan. Oleh alasannya itu, kami mohon kritik dan saran yang membangun untuk memperbaiki makalah ini supaya lebih baik.


Demikian yang sanggup kami sampaikan, semoga makalah ini sanggup bermanfaat dan memperlihatkan edukasi yang baik untuk penulis dan pembaca yang budiman.


Demak, September 2016


Penyusun


Contoh Menulis Kata Pengantar Makalah 4


Alhamdulillahhirabbil’alamin, Puji Syukur kehadirat Allah SWT, Atas segala rahmat dan hidayah-Nya. Shalawat serta salam senantiasa tercurah pada junjungan Nabi Agung Muhammad SAW yang selalu kita nantikan syafa’atnya di Akhir kelak nanti.


Penulis berucap Syukur kepada Allah atas limpahan Nikmat sehat-Nya, baik fisik maupun logika pikiran, sehingga penulis berhasil menuntaskan pembuatan makalah, sebagai kiprah dari mata kuliah Hukum Acara Peradilan Agama dengan judul “Prosedur Pengajuan Gugatan”.


Tentunya makalah ini masih terdapat banyak kesalahan dan kekurangan, untuk itu, penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca untuk makalah ini supaya lebih baik. Demikian, dan jikalau terdapat banyak kesalahan penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya.


Jepara, September 2016


Penyusun



Baca Juga: Contoh Kata Pengantar Skripsi yang Baik dan Benar



Demikian klarifikasi wacana cara menciptakan kata pengantar dan beberapa pola kata pengantar makalah, semoga sanggup bermanfaat dan mengakibatkan penulisan makalah semakin baik dan benar.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel