Kenali Ciri Media Online (Situs Berita) Abal-Abal Dan Jangan Baca!

abal kembali menjadi sorotan pejabat tinggi Kenali Ciri Media Online (Situs Berita) Abal-Abal dan Jangan Baca!
Kenali Ciri Media Online (Situs Berita) Abal-Abal, Jangan Baca dan Jangan Share!

KEHADIRAN media online atau situs isu abal-abal kembali menjadi sorotan pejabat tinggi.

Setelah Dewan Pers merilis mayoritas media online di Indonesia ilegal alais abal-abal, kali ini Staf Ahli Menkominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa, Prof DR Drs Henri Subiakto SH MA, yang membeberkan ciri-ciri media abal-abal.

Menurut Henri, pertumbuhan media online di Indonesia ibarat cendawan di trend hujan. Pertumbuhannya pesat alasannya yakni begitu mudahnya menciptakan media online.

Namun, ia mengingatkan, pertumbuhan media online yang pesat itu juga menumbuhkan media dengan konten tidak bertanggung jawab alias abal-abal.

“Banyak yang abal-abal, tidak patuh dengan arahan etik jurnalistik. Isinya menghantam atau membela terus, tidak obyektif. Beritanya juga nggak jarang ngawur,” katanya dikutip MVoice.

Henri menyebutkan, di antara ciri media abal-abal yakni tidak mencantumkan alamat redaksi dengan jelas. Padahal, media online harus mencantumkan alamat redaksinya.

"Makanya jikalau ada kesalahan dalam pemberitaannya, tidak bisa diminta pertanggungjawaban. Alamat redaksi yang dicantumkan malah domain mereka,” tegasnya.

Karena itu ia menyarankan kepada pembaca, supaya lebih teliti dalam mengonsumsi isu media online. Aspek utama yang harus dilihat yakni kejelasan alamat redaksi dan konten berita.

Jika alamat redaksinya tidak ada atau fiktif, serta konten isu yang menyalahi arahan etik, bisa dipastikan website tersebut abal-abal.

"Sederhananya begitu. Jika alamatnya nggak ada, identitas tidak jelas, isinya ngawur berarti abal-abal," pungkasnya.

Membuat media online memang sangat mudah. Blog gratisan ibarat Blogger pun bisa menjadi situs isu dengan desain web yang tidak kalah manis dengan situs isu profesional. Lihat saja contohnya Template Blogger Magazine Style.

Tinggal buat blog di blogger, gratis, Custom Domain, maka jadilah situs berita!

Beberapa media abal-abal itu bahkan bisa nangkring di posisi atas hasil pencarian Google, alasannya yakni mereka menulis untuk mesin pencari, bukan untuk pembaca (manusia). Isinya pun "sakadaek", semaunya, saenae dewe, GJ alias Gak Jelas, gak lezat dibaca, bahkan ngawur!

Maka, mari kenali Ciri Media Online (Situs Berita) Abal-Abal, Jangan Baca dan Jangan Share! Jika Anda suka share isu media abal-abal, judulnya pun kebanyakan Umpan Klik, maka dapat dipercaya Anda pun bisa-bisa ikutan abal-abal :)  Wasalam. ().*

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel