Cara Mengatur Ukuran Kertas Folio/Hvs/F4 Di Ms Word

Cara Mengatur Ukuran Kertas Folio/HVS/F4 di Ms Word – Tutorial kali ini saya persembahkan untuk pengguna Ms. Word yang masih kebingungan mengatur ukuran halaman kertas F4 atau yang lebih dikenal dengan folio atau HVS. Mungkin sebagian orang menganggap ukuran F4 sama dengan ukuraan A4 atau legal sehingga waktu proses print ada goresan pena yang terpotong.


Secara default setting pada halaman kertas ms word yaitu memakai kertas A4, Nah bila kita memakai kertas F4 maka harus disetting terlebih dahulu supaya dokumen yang kita buat nanti dapat full halaman kertas sehingga pembuatan dokumen sesuai yang diharapkan.


Adapun ukuran kertas Folio/HVS/F4 sebagai berikut:



  • Dalam ukutan cm yaitu width=21,59 cm dan height=33 cm

  • Dalam ukuran inchi yaitu width=8,5″ dan height=13″.


Jika anda ingin mengubah ukuran inch menjadi cm pada Ms Word, silahkan simak tutorial yang sudah pernah saya buat Disini : Cara Merubah Ukuran Inchi ke Cm di Word 2007 – 2016


Untuk mengatur ukuran kertas tersebut melalui sajian PAGE LAYOUT kemudian custom paper menjadi ukuran F4 atau HVS tadi. Lebih jelasnya ikuti langkah-langkah berikut ini:



  1. Pada halaman Ms Word silahkan pilih sajian PAGE LAYOUT kemudian pilih Size kemudian pilih More Parer Sizes… Tutorial kali ini saya persembahkan untuk pengguna Ms Cara Mengatur Ukuran Kertas Folio/HVS/F4 di Ms Word

  2. Pada paper size silahkan ganti menjadi custom size kemudian ubah ukuran width=21,59 cm dan height=33 cm atau dalam inchi yaitu width=8,5″ dan height=13″. terakhir klik OK. Tutorial kali ini saya persembahkan untuk pengguna Ms Cara Mengatur Ukuran Kertas Folio/HVS/F4 di Ms Word

  3. Selesai, ukuran halaman kertas Ms Word sudah menjadi HVS atau F4.


Catatan:


Tutorial ini dapat dipakai untuk Mirosoft Word versi 2007, 2010,2013 dan 2016. Mungkin dari segi tampilan berbeda, namun pada dasarnya yaitu sama yaitu melalui sajian page layout>>size>>more paper sizes>>paper size diubah menjadi custom size kemudian sesuaikan dengan ukuran kertas HVS atau F4 yang sudah saya cantumkan diatas.


Agar hasil print out tidak terpotong maka harus serrting print terlebih dahulu dengan ukuran F4, silahkan simak tutorialnya berikut ini Baca: Cara Print Kertas F4 Agar Halaman Tidak Terpotong.


Bagaimana gampang bukan? tentu untuk pemulapun sangat gampang dilakukan. Jika merasa tutorial ini sangat bermanfaat, silahkan rekomendasikan kepada teman-teman supaya dapat ikut berguru Ms. Word disini.


Namun kalau masih kesulitan boleh tinggalkan pesan dikolom komentar yang sudah tersedia. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel